Satgas TMMD Ikut Bermain Gangsing, Warga Tak Ingin Gangsing Punah

oleh -2.249 views

 

 

Natuna – permainan gasing di Natuna berbeda dari gasing lainnya. Dari bahan baku saja, gasing Natuna menggunakan bahan-bahan alami seperti talinya terbuat dari serat melinjo, kayu palawan dan sebagainya.

Babinsa Sertu Nurdin Bersilahturahmi Ke Ketua Regu Gasing Bpk Alin Tazami 45 Th. Nama regu Gasing RGS ( regu gasing sebangkar desa Batubi jaya kec bung Batubi berjumlah 10 orang anggota, senin (22/03/2021).

Ada 3 jenis gasing yaitu : gasing mangkak, gasing tendin/untuk tanding lama berputar, gading mangkak/tanding adu atau pecah yang pecah akan kalah.

Sementara cara mainnya pertama, kedua lawan saling adu ketahanan gasing berputar di atas kaca atau disebut mengamban. Kedua, pemain yang paling lama bertahan bisa menjadi mangkak atau pengadu dan menyerang yang pemain yang kalah. Dari adu gasing inilah akan didapat pemenangnya.

Meski perkasa di medan perang gasing, nyatanya Alin Tazami memendam pilu. Pasalnya, semakin berkurang peminat gasing di kalangan muda. Maka dari itu Alin ingin bangkitkan lagi tradisi main gasing untuk membangun minat kaum melinial.

728×90 Leaderbord

(Red)