Satrol Lantamal V Selamatkan ABK Kapal Motor Alami Laka Laut di APBS

oleh -329 views

 

Surabaya,— Satuan Kapal Patroli (Satrol) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V, bantu selamatkan dan evakuasi 15 orang ABK KM. Cantika Persada saat lego jangkar dalam kondisi posisi haluan kapal sudah tenggelam di air dan miring ke kanan, Sabtu (30/01) di perairan Alur Pelayaran Barat Surabaya.

Berawal saat Patkamla (Patroli Keamanan Laut) TG.Modung Satrol Lantamal V, melaksanakan patroli rutin di perairan APBS, dan menemukan KM. Cantika Persada yang haluannya sudah tenggelam di air dan miring ke kanan.

Menurut informasi yang diperoleh, KM. Cantika Persada yang bermuatan Pupuk 1.600 Ton tersebut, terbentur mengenai haluan Km. Indah 88 dan Km. Bunga Melati XXI, sehingga mengakibatkan Km. Cantika Persada mengalami kebocoran di lambung depan.

“Diduga karena arus kencang sehingga jangkar larat dan bertabrakan dengan kapal lain yang juga lego jangkar, itu mengakibatkan lambung kapal KM. Cantika Persada bocor”, ungkap salah satu ABK yang berhasil dievakuasi.

Menerima informasi tersebut, Kal Warakas Satrol Lantamal V langsung menuju titik koordinat kejadian, dan membantu pelaksanaan evakuasi para ABK KM. Cantika Persada. Hingga berita ini diturunkan, 15 orang ABK kapal yang mengalami kebocoran itu, berhasil di selamatkan dibawa dengan Tb. Pandu Jaya Perkasa ke dermaga Pelabuhan Umum Gresik.

“Unsur-unsur Satuan Kapal Patroli Lantamal V, terdiri dari Kal dan Patkamla melaksanakan Pengamanan APBS dan APTS sepanjang tahun. Selain melaksanakan patroli Keamanan Laut, kita juga disiapkan untuk bantuan SAR, bantuan penanggulangan pencemaran laut, serta bantuan pengamanan navigasi. Dan memang beberapa minggu terakhir ini cuaca kurang baik.” Ungkap Komandan Satrol Lantamal V Letkol Laut (P) Dickry Rizanny Nurdiansyah, P.S.C.(J)., MMDS., seusai unsur-unsurnya dikerahkan untuk membantu evakuasi.

728×90 Leaderbord