Satu juta dosis vaksin virus korona nonaktif Sinopharm

oleh -385 views

Satu juta dosis vaksin virus korona nonaktif Sinopharm, Tiongkok tiba di Bandara Beograd di Serbia pada Sabtu (16/1). Pengiriman tersebut disambut di Bandara Beograd oleh Presiden Serbia Aleksandar Vucic, Duta Besar Tiongkok untuk Serbia Chen Bo, Menteri Kesehatan Serbia Zlatibor Loncar dan kepala Badan Intelijen Keamanan Bratislav Gasic.

Seperti Xinhua, Sabtu (16/1), Vucic mengatakan bahwa kedatangan vaksin adalah “bukti persahabatan yang baik antara Serbia dan Tiongkok,” dan vaksin itu akan membantu melindungi nyawa 500.000 orang. Vucic menambahkan dia akan mendapatkan vaksinasi dengan vaksin Sinopharm.

“Sebagai orang biasa dan presiden Serbia, saya yakin dengan kualitas vaksin Tiongkok, yang akan diputuskan oleh lembaga kami yang berkompeten,” katanya.

Vucic menyatakan bahwa Serbia telah memperoleh semua vaksin yang telah tiba sejauh ini secara bilateral melalui “negosiasi dengan Amerika untuk Pfizer; dengan Rusia untuk Sputnik V ;dan dengan Tiongkok untuk vaksin Sinopharm.”

Vaksinasi akan dimulai setelah vaksin Tiongkok mendapat persetujuan akhir dari Badan Obat dan Alat Kesehatan Serbia.

Serbia telah melaporkan hampir 370.000 infeksi Covid-19 sejak awal pandemi, sementara 3.708 orang telah meninggal. Sebanyak 5.409 pasien dirawat di rumah sakit di seluruh negeri, 196 pasien di antaranya terhubung ke ventilator pernapasan.

Setelah mencapai puncaknya setiap hari pada November dan Desember tahun 2020, jumlah infeksi baru menurun pada Januari.

728×90 Leaderbord

Upaya vaksinasi Covid-19 dimulai di Serbia pada 24 Desember 2020, dan sejauh ini negara tersebut telah memperoleh sekitar 1,4 juta dosis vaksin yang berbeda.

Sinopharm adalah vaksin ketiga yang tiba di Serbia, setelah vaksin Pfizer-BioNtech dan Sputnik V.

Tiongkok telah memberikan bantuan kepada Serbia selama pandemi. Selain pasokan medis, tim ahli medis China menghabiskan waktu berbulan-bulan membantu otoritas Serbia mengoordinasikan respons anti-pandemi negara itu, sementara kelompok BGI Tiongkok membantu membangun dua laboratorium pengujian “Mata Api”.

Duta Besar Chen mengatakan bahwa Serbia dan Tiongkok sedang memerangi virus corona secara berdampingan, dan “Tiongkok adalah negara pertama di dunia yang berjanji bahwa vaksinnya akan menjadi barang publik global.”

“Vaksin Sinopharm secara resmi terdaftar di Tiongkok pada 30 Desember, dan tiba di Serbia hanya setelah 16 hari. Kedatangan vaksin Tiongkok adalah bagian dari perjuangan bersama kami melawan virus, dan saya yakin ini akan berkontribusi untuk memerangi epidemi. di Serbia,” kata Chen.