Sebuah kaset Nintendo Entertainment System, Super Mario Bros, laku terjual senilai US$ 660.000 (Rp 9,6 miliar)

oleh -341 views

Sebuah kaset Nintendo Entertainment System, Super Mario Bros, laku terjual senilai US$ 660.000 (Rp 9,6 miliar) dalam lelang di Heritage Auctions.

Detail-detail yang membuat kaset ini begitu mahal adalah kaset ini masih tersegel dan kondisinya masih sangat baik alias “mint” dengan gantungan (hangtab) yang masih ada. Kondisi ini mengindikasikan bahwa kaset tersebut belum pernah dibuka. Kaset ini juga cukup tua dengan tahun produksi di kisaran pertengahan 1986. Heritage memberikan grade 9,6 A+ untuk kaset itu. Kaset serupa dengan grade 9,4 laku terjual US$ 114.000 pada Juli 2020 lalu.

Super Mario Bros adalah gim platforming Nintendo yang menampilkan tukang ledeng Italia Mario dan adiknya, Luigi, yang berusaha menyelamatkan Princess Peach dari cengkeraman Bowser. Gim ini dibuat pada tahun 1985 dan berhasil membuat nama Nintendo menjadi terkenal di seluruh dunia. Sejak saat itu, Mario menjadi maskot Nintendo.

Sejak diluncurkan, gim ini sudah terjual lebih dari 50 juta keping di seluruh dunia, tetapi menemukan satu yang masih tersegel ibarat mencari jarum dalam tumpukan jerami.