Sebuah rekaman video beredar di media sosial yang memperlihatkan puluhan pria warga Palestina termasuk dua orang bocah yang ditahan dan ditelanjangi militer Israel (IDF) di Stadion Gaza utara

Sebuah rekaman video beredar di media sosial yang memperlihatkan puluhan pria warga Palestina termasuk dua orang bocah yang ditahan dan ditelanjangi militer Israel (IDF) di Stadion Gaza utara

INTERNATIONAL262 Dilihat

Sebuah rekaman video beredar di media sosial yang memperlihatkan puluhan pria warga Palestina termasuk dua orang bocah yang ditahan dan ditelanjangi militer Israel (IDF) di Stadion Gaza utara.

Klip dalam video tersebut menunjukkan dua bocah laki-laki dalam kondisi hanya mengenakan pakaian dalam, berjalan, mengangkat kedua tangan saat pasukan Israel mengarahkan mereka ke dalam stadion.

Dalam klip lain, dua bocah yang sama tanpa pakaiannya terlihat dengan tangan di atas kepala, saat mereka berada dalam satu barisan dengan pria yang tampak remaja dan dewasa.

CNN tidak dapat memverifikasi kapan video itu diambil. Namun geolokasi CNN menunjukkan video tersebut difilmkan di Stadion Yarmouk di Kota Gaza, tempat LSM Euro-Mediterania Human Rights Monitor mengatakan mereka menerima laporan penahanan.

CNN menghubungi IDF untuk mengomentari video tersebut dan anak-anak yang ditahan tetapi belum mendapat tanggapan.

Dilaporkan, ratusan pria dan anak-anak Palestina telah ditahan oleh pasukan Israel dalam beberapa pekan terakhir. Di masa lalu, IDF mengatakan pihaknya telah menelanjangi para tahanan untuk memastikan mereka tidak membawa bahan peledak.

Sepanjang video, terlihat pria-pria yang ditelanjangi hingga hanya mengenakan celana dalam. Dalam beberapa klip, para tahanan duduk di lantai dengan tangan diikat ke punggung, beberapa ditutup matanya, dan berdiri dalam satu barisan sementara tentara Israel mengawasi dan memeriksa mereka.

Klip video tersebut juga menunjukkan perempuan dan anak-anak lainnya ditahan. Dalam satu adegan, tiga wanita berpakaian lengkap terlihat ditutup matanya dengan tangan terikat di belakang punggung saat mereka duduk di rumput di depan gawang sepak bola di stadion. Bendera Israel terlihat tergantung di gawang sepak bola.

Laki-laki Palestina yang ditelanjangi dan ditutup matanya, tangan mereka juga diikat ke belakang, terlihat duduk di samping perempuan.

Kendaraan militer dan buldoser juga terlihat di seluruh stadion dalam video tersebut.

Video aslinya diunggah pada 24 Desember ke YouTube oleh Yosee Gamzoo Letova, seorang fotografer dan artis, menurut profil Facebook-nya.

Organisasi nirlaba Pemantau Hak Asasi Manusia Euro-Mediterania mengatakan mereka telah menerima informasi bahwa tentara Israel menahan ratusan warga Palestina dari lingkungan Sheikh Radwan di Kota Gaza, di antaranya adalah puluhan wanita yang dibawa ke Stadion Yarmouk.

“Laki-laki Palestina, termasuk anak-anak berusia 10 tahun dan orang lanjut usia di atas 70 tahun, dipaksa menanggalkan semua pakaian mereka kecuali pakaian dalam dan berbaris dengan cara yang memalukan di depan para perempuan yang ditahan di stadion yang sama. ,” kata organisasi hak asasi manusia tersebut.

Organisasi ini telah menyerukan kepada komunitas internasional untuk menyelidiki gambar-gambar penahanan warga Palestina tersebut.

Otoritas kesehatan di Gaza mengatakan, setidaknya 20.915 orang di Gaza telah tewas sejak perang dengan Israel dimulai pada 7 Oktober 2023 lalu. Selain itu, hampir 55.000 orang lagi terluka.