Secara Persuasif, Perwira TNI AL Ajak Tenaga Bongkar Muat di Pelabuhan Sorong Vaksin Covid-19

oleh -83 views

 

Suasana menarik ketika TNI Angkatan Laut, dalam hal ini Komando Armada III dan jajaran melaksanakan serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim di wilayah Papua dan Papua Barat.

Ketika Koarmada III dan jajaran menggelar serbuan Vaksinasi di Pelabuhan Sorong, Minggu (18/7/2021), awalnya kurang mendapat respon dari para pekerja sehari-hari di pelabuhan tersebut.

Mencermati situasi ini, para Perwira TNI Angkatan Laut yang tergabung sebagai panitia penyelenggara berinisiatif mendekati para Porter, tenaga bongkar muat Pelabuhan, pedagang, serta awak kapal tradisional berbicara dari hati ke hati. Perbincangan tetap disiplin menerapkan Protokol Pencegahan Covid-19.

Dalam perbincangan yang sesekali diselingi jok-jok segar, para Koarmada III menjelaskan kegiatan vaksinasi yang sedang diselenggarakan dan pentingnya melaksanakan vaksin Covid-19.

Sekitar dua jam kemudian, ratusan kursi yang disiapkan oleh panitia vaksinasi di ruang tunggu lantai dua Pelabuhan Sorong, sebagai tempat duduk peserta vaksinasi semula kosong langsung terisi, bahkan terdapat beberapa warga yang datang agak siang harus berdiri sesuai antrian nomor yang dibagikan. Kembali lagi, para Perwira Koarmada III sebagai panitia mengimbau secara persuasif agar bersama-sama menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah vaksin.

Pemandangan menarik lainnya ketika vaksinasi digelar di Pulau Soop, Sorong Kepulauan, Sabtu (17/7/2021). Seluruh sarana prasarana dan fasilitas serta tenaga kesehatan 50 orang sudah siap, tetapi peserta vaksin belum terlalu ramai.

Melihat situasi ini, Babinpotmar TNI AL, Babinsa TNI AD, dan Babinkabtibmas Polri sekitar 20 orang membagi sektor untuk mengajak warga yang umumnya nelayan mengikuti vaksinasi Covid-19. Dengan senyuman yang khas, para Bintara Pembina Desa dari ketiga satuan tersebut mendatangi warga dari pintu ke pintu. Bukan hanya itu, Panitia penyelenggara juga menyiapkan transportasi antar jemput kedaraan roda tiga. Transportasi disiapkan karena belum adanya angkutan umum di pulau yang berpenghuni 475 KK.

Puncaknya, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., beserta Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny. Yuanita Irvansyah menyambut kedatangan warga yang datang untuk vaksin sambil membagikan masker.

Demikian halnya di Pelabuhan Sorong, Kepala Staf Koarmada III, Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H., mengajak bincang-bincang santai warga yang sedang proses vaksin Covid-19.

Penyelenggaraan serbuan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Koarmada III dan jajaran bersinergi satuan TNI lainnya dan Polri serta Pemerintah Daerah menjadi momentum meningkatkan “herd immunity” dan kemanunggalan TNI rakyat.

Serbuan Vaksinasi tersebut merupakan perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M., Koarmada III akan terus melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 masyarakat maritim secara massif. Kadispen Koarmada III, Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

No More Posts Available.

No more pages to load.