secara resmi menyerahterimakan Siti Aisyah kepada pihak keluarga

oleh -203 views

dnewsradio.com – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi, Senin (11/3) malam, secara resmi menyerahterimakan Siti Aisyah kepada pihak keluarga.Siati adalah  warga negara Indonesia (WNI) yang pagi ini baru saja dibebaskan dari dakwaan kasus pembunuhan WN Korea Utara Kim Jong-nam.

Menlu Retno mengatakan pembebasan Siti merupakan proses hukum yang panjang sekitar dua tahun dan melibatkan semua pihak di pemerintahan.

“Ini bentuk kepedulian pemerintah untuk melakukan perlindungan kepada warga negaranya dengan cara melakukan pendampingan hukum yang tidak pernah lelah,” kata Retno.

Proses serah terima dilakukan oleh Retno kepada orangtua Siti yang diwakili oleh bapaknya, Asria. Turut hadir dalam acara serah terima itu Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona Laoly.

Hakim Pengadilan Tinggi Syah Alam, Selangor, Malaysia memutuskan untuk membebaskan Siti Aisyah yaitu WNI terdakwa kasus pembunuhan Kim Jong-nam (kakak tiri dari pemimpin Korut Kim Jong-un). Putusan itu diambil hakim setelah jaksa penuntut umum (JPU) menyatakan menghentikan tuntutan terhadap Siti dalam persidangan Senin pagi.

Retno mengatakan pendampingan hukum kepada Siti diberikan sejak kasus ini muncul pada 2017. Menurutnya, pemerintah terus memantau dan berkonsultasi dengan pengacara Siti yang ditunjuk dari firma hukum Gooi & Azura

“Yang selalu ditekankan oleh pemerintah Indonesia adalah permintaan agar saudara Siti Aisyah mendapatkan fair trial (persidangan yang adil) di Kuala Lumpur,” kata Retno

Retno menambahkan pembebasan Siti juga tidak lepas dari peran menkumham, kapolri, dan kepala Badan Intelijen Negara (BIN).

“Untuk Siti Aisyah, selamat kembali ke keluarga, bapak, ibu, ini merupakan berkah yang patut disyukuri dan pengalaman sangat berharga bagi kita semua,” ujar Retno.

No More Posts Available.

No more pages to load.