SECARA VIRTUAL, SESKOAL IKUTI FGD SESKO TNI DENGAN OFFICE OF DEFENSE COOPERATION (ODC) KEDUTAAN BESAR AMERIKA SERIKAT

oleh -198 views

 

Seskoal, 25 Mei 2021, — Wakil Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Wadan Seskoal) Laksamana Pertama TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.Opsla., Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Seskoal Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si (Han)., Kakoordos Seskoal Laksamana Pertama TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A., CHRMP., Sekretaris Lembaga (Seklem) Seskoal Kolonel Laut (S) Untung Purnomo, S.E., M.Psi., CHRMP., CfrA., beserta Pejabat Utama, para Dosen dan Patun Seskoal melalui video conference (vicon) mengikuti Focus Group Discussion (FGD) secara virtual di Kelas A Gedung R.E. Martadinata Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Selasa (25/05).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pgs. Komandan Sesko TNI Mayor Jenderal TNI Handy Geniardi, S.E., M.M bertempat di Gedung Grha Widya Adibrata Sesko TNI Bandung. Kegiatan yang akan berlangsung selama 2 (dua) hari ini sejak tanggal 24 s/d 25 Mei 2021, diselenggarakan oleh Sesko TNI bekerjasama dengan Office Of Defence Cooperation (ODC) Kedutaan Besar Amerika Serikat, dengan mengangkat tema “Staf Komando Gabungan Dalam Merencanakan Operasi Gabungan di Era Industri 4.0”.

Dalam sambutannya Pgs. Komandan Sesko TNI Mayor Jenderal TNI Handy Geniardi, S.E., M.M., mengatakan bahwa di era Industri 4.0 yang mana perkembangan teknologi dan informasi telah berevolusi sedemikian cepat yang diikuti modernisasi peralatan dan alutsista militer, perkembangan teknologi tersebut telah merubah cara bertindak dari suatu negara untuk mengantisipasi dan menghadapi konflik bersenjata akan sangat dipengaruhi oleh bagaimana proses pengambilan keputusan dalam sebuah perencanaan militer dilakukan. Sehingga sangat diperlukan para staf perencanaan yang handal dan mumpuni untuk mengawakinya organisasi dalam penyelenggaraan operasi militer.

Penyelenggarakan Forum Group Discussion (FGD) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang Staf Komando Gabungan dalam merencanakan Operasi Gabungan yang bekerjasama dengan Office of Defense Cooperation (ODC) Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Dalam pelaksanaan FGD dihari pertama (24/05) yaitu Sambutan Pgs.Komandan Sesko TNI Mayor Jenderal TNI Handy Geniardi, S.E., M.M., Sambutan US Embassy Office Of Defense Cooperation CDR Angela Edwards, Penyampaian materi RDML (Ret) Mike Smith mengenai Staf Personel Komando Gabungan, Col (Ret) John Caldwell memaparkan materi Staf Intelijen Komando Gabungan dan Col (Ret) Christ Arantz dengan materi Staf Perencanaan Komando Gabungan. Pada hari kedua (25/05) penyampaian materi oleh Col (Ret) John Caldwell mengenai Staf Operasi Komando Gabungan dan Materi mengenai Staf Logistik Komando Gabungan diberikan oleh Col (Ret) Chris Arantz. Kegiatan tersebut diisi dengan diskusi dan tanya jawab.

Kegiatan FGD tersebut diikuti tatap muka terbatas dan virtual oleh Asops, Aspers Panglima TNI, para Perwira Tinggi Sesko TNI, Staf Ahli dari ISG (Institute for Security Governance) sebagai Narasumber, Commander Angela Edwards US Navy Wakil Kepala ODC beserta Staf, para Kadepops Sesko Angkatan, para Asisten/Paban Kogabwilhan I, II dan III, Paban bidang Doktrin dari Mabes/Kodiklat AD, AL dan AU, Kabid Non ASEAN Puskersin TNI, serta Tenaga Pendidik Sesko TNI.

No More Posts Available.

No more pages to load.