Sedikitnya 39 migran telah tewas tenggelam di lepas pantai Tunisia setelah dua kapal terbalik

oleh -712 views

 Sedikitnya 39 migran telah tewas tenggelam di lepas pantai Tunisia setelah dua kapal terbalik. Pada Selasa (9/3), penjaga pantai berhasil menyelamatkan 165 orang sebelum penyelamatan dibatalkan karena cuaca buruk dan malam hari.

Seperti dilaporkan Al Jazeera, Selasa (9/3), Kementerian Pertahanan Tunisia menyatakan jumlah migran yang mempertaruhkan nyawa di jalur penyeberangan berbahaya ke Eropa terus meningkat.

Juru bicara kementerian pertahanan Mohamed Zekri mengatakan kemudian bahwa pencarian telah “sementara ditangguhkan karena malam tiba dan cuaca buruk”.

Tidak segera jelas apa yang menyebabkan kedua kapal itu terbalik. Tetapi kapal yang meninggalkan pantai Afrika utara menuju Eropa seringkali kelebihan muatan kapal. Di sisi lain, kapal juga berangkat pada malam hari bahkan dalam cuaca buruk untuk menghindari deteksi dari penjaga pantai.

Kementerian pertahanan mengatakan 39 mayat telah ditemukan, sementara juru bicara Pengawal Nasional Tunisia Houcem Eddine Jebabli mengatakan sedikitnya sembilan wanita dan empat anak telah tewas.

Kapal-kapal meninggalkan pantai semalaman membawa sebagian besar migran dari sub-Sahara Afrika yang bertujuan untuk mencapai Eropa, tetapi mereka ditemukan oleh penjaga pantai di pelabuhan Sfax Tunisia, menurut pihak berwenang.

728×90 Leaderbord