Sejumlah 12,4 juta orang di Suriah yang dilanda perang sedang berjuang untuk mendapatkan cukup makanan

oleh -480 views

Sejumlah 12,4 juta orang di Suriah yang dilanda perang sedang berjuang untuk mendapatkan cukup makanan untuk dimakan. Seperti dilaporkan AFP, Sabtu (13/2), Program Pangan Dunia (WFP) menilai peningkatan jumlah itu cukup “mengkhawatirkan”.

“Angka itu berarti 60 persen penduduk Suriah sekarang tidak aman pangan,” kata Program Pangan Dunia, berdasarkan hasil penilaian nasional pada akhir 2020.

Jumlah 12,4 juta orang menandai peningkatan tajam dari 9,3 juta orang yang rawan pangan pada Mei tahun 2020 lalu.

“Lebih banyak warga Suriah yang mengalami kelaparan, kemiskinan dan kerawanan pangan lebih dari sebelumnya. Sangat mengkhawatirkan bahwa makanan pokok sekarang berada di luar jangkauan mayoritas keluarga,” kata juru bicara WFP Jessica Lawson kepada AFP.

Perang Suriah yang hampir berlangsung 10 tahun telah merusak ekonomi dan membuat inflasi melonjak di seluruh negeri.

“Pada awal 2021, harga pangan secara nasional 33 kali lebih tinggi dari rata-rata lima tahun sebelum perang,” kata WFP.

Krisis keuangan yang mengerikan di negara tetangga Lebanon yang telah memperlambat arus masuk dan penguncian dolar untuk membendung penyebaran pandemi virus corona semakin meningkatkan kesengsaraan ekonomi.

728×90 Leaderbord

“Situasi ekonomi di Suriah memberikan tekanan besar pada keluarga yang tidak memiliki apa pun yang tersisa setelah konflik bertahun-tahun dan banyak yang bergantung sepenuhnya pada bantuan kemanusiaan untuk bertahan hidup,” kata Lawson.

Konflik Suriah telah menewaskan lebih dari 387.000 orang. Jutaan orang lain mengungsi dari rumah mereka sejak dimulai pada tahun 2011 dengan penindasan brutal terhadap protes anti-pemerintah.