Sekda Kota Depok Dukung Program Gerakan Zero Plastic PPWI

0 30

DEPOK – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono, menyambut baik dan mendukung program pengurangan sampah plastik yang dilakukan PPWI Depok. Bentuk kegiatan berupa aksi simpatik membagikan tas belanja non-plastik kepada masyarakat akan diselenggarakan di halaman Gedung Dibaleka Kota Depok, Kamis, 21 November mendatang.

Sambutan dan dukungan Sekda Kota Depok tersebut diungkapkan Hardiono saat menerima kunjungan jajaran pengurus PPWI Depok di ruang kerjanya, Senin (18/11/19). Hardiono mengatakan, persoalan dampak sampah plastik dan sedotan plastik, setidaknya menjadi sesuatu yang mengkhawatirkan dan menakutkan saat ini, jika tidak cepat ditanggulangi.

Dalam rangka mengatasi persoalan sampah tersebut, pada Maret 2019 lalu, Pemerintah Kota Depok telah melakukan upaya pengurangan kantong belanja plastik di retail modern, melalui Surat Edaran Nomor 060/244-Disperdagin tentang Penggunaan Kantong Belanja Plastik di Toko Retail Seluruh Wilayah Kota Depok.

“Kegiatan PPWI Depok dalam mengurangi sampah plastik sejalan dengan upaya Pemkot Depok dalam menanggulangi persoalan sampah. Saya sangat mendukung kegiatan tersebut,” papar Hardiono.

Ketua PPWI Depok, Tombang Tarihoran, didampingi Wakil Ketua, Budiman Panjaitan, Sekretaris, Ivan. M, dan Bendahara, Riki, menyampaikan menyampaikan bahwa bentuk kegiatan pengurangan penggunaan sampah plastik yang akan dilaksanakan nanti adalah berupa pemberian sedotan yang terbuat dari bambu dan tas kantong belanja terbuat dari kain belacun. Kedua benda tersebut dapat digunakan berulang kali pakai (reusable).

“Kegiatan kami ini sebagai bentuk dukungan PPWI Depok terhadap program Pemerintah dalam menangani persoalan sampah plastik,” terang Ketua DPC PPWI Depok, Tombang Tarihoran.

Tombang menuturkan, pemberian sedotan bambu dan kantong belanja kain gratis tersebut difokuskan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Depok, pasalnya mereka bisa menjadi contoh bagi masyarakat.

“Kita laksanakan di lingkungan Pemkot Depok, targetnya adalah para ASN agar dapat memberikan contoh kepada masyarakat, baik di rumah maupun saat bertugas melayani masyarakat,” tukasnya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Sekda Kota Depok Hardiono, telah menerima dan mendukung kegiatan PPWI Depok tersebut. Usai pertemuan, para pengurus PPWI Depok berfoto bersama Sekda Hardiono. (IVN/Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ