SEMANGAT UNTUK BANGKIT, KOLINLAMIL PERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL TAHUN 2023

Nasional317 Dilihat

 

Berita Kolinlamil TNI AL, 22 Mei 2023 ——- Jajaran Komando Lintas Laut Militer memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun 2023 yang diselenggarakan dengan upacara bendera dengan Inspektur Upacara Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksamana Muda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H., yang berlangsung di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (22/5). Tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-115 tahun ini adalah “Semangat untuk Bangkit”. Tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional tersebut dipilih agar Hari Kebangkitan Nasional dapat melambangkan nilai-nilai semangat dan kekuatan untuk bangkit untuk menuju masa depan Indonesia yang lebih baik.

Sejarah latar belakang peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati pada tanggal 20 Mei setiap tahunnya tak lepas dari berdirinya organisasi Boedi Oetomo atau Budi Utomo. Mengutip dari Kemdikbud, Budi Utomo merupakan organisasi pemuda yang dicetuskan pada 20 Mei 1908 silam. Organisasi Budi Utomo itu didirikan oleh Dr. Soetomo dan para mahasiswa sekolah kedokteran STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen). Meski tak langsung terjun ke bidang politik, namun semangat dan pemikiran para anggota Budi Utomo menjadi pemicu perjuangan untuk melepaskan bangsa ini dari penjajahan. Keberadaan organisasi Budi Utomo telah mengubah perjuangan bangsa Indonesia yang awalnya dilakukan secara fisik menjadi perjuangan secara diplomatis. Budi Utomo juga mengubah perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi bersifat nasional dan turut membangkitkan semangat nasional rakyat Indonesia untuk melawan penjajahan demi mencapai kemerdekaan.

Panglima Kolinlamil yang membacakan amanat dari Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia menyampaikan bahwa hari Kebangkitan Nasional dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama, Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, Akademisi, Pers, Komunitas dan seluruh elemen bangsa yang saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa Indonesia dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian hingga geopolitik.

“Kita juga ingin agar bara api semangat kebangkitan yang kita jaga saat ini dapat menjadi lentera penerang harapan sekaligus penunjuk jalan bagi perjuangan generasi penerus bangsa kelak. Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh dan terus melangkah maju dengan Semangat untuk Bangkit.” pungkasnya. (Dispen Kolinlamil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *