Semua Film Diangkat dari kisah #CHANGEDESTINY Pribadi Keenam Atlet Olimpiade

oleh -387 views

Bulan Maret 2021 lalu, SK-II menghadirkan gebrakan dalam industri kecantikan dengan meluncurkan SK-II STUDIO, yaitu studio film dan pusat konten pertama SK-II yang didedikasikan untuk mengatasi tekanan sosial terhadap perempuan melalui narasi cerita film berdasarkan dari kisah nyata. Debut SK-II STUDIO sendiri menghadirkan film “THE CENTER LANE” yang menceritakan kisah inspiratif perenang Jepang dan cancer survivor, Rikako Ikee. Film ini mendapatkan apresiasi tinggi dari para penonton, dan hingga saat ini berhasil mencapai lebih dari 7 juta viewers di Youtube meskipun baru tayang satu bulan yang lalu!

Film yang pertama aja sudah mengagumkan dan jujur saja, tidak terpikir bahwa SK-II STUDIO bakalan mengeluarkan film lagi yang tidak kalah bagusnya – malah lebih keren! Tanggal 1 Mei kemarin, SK-II STUDIO baru saja meluncurkan film serial terbarunya ‘VS’ Series, sebuah antologi animasi yang menceritakan kisah nyata dari beberapa atlet Olimpiade akan berbagai tekanan sosial yang harus mereka hadapi, yang pastinya sangat inspiratif dan mengingatkan kita bahwa takdir bukanlah perihal kesempatan, tapi sebuah pilihan.

Penulis sendiri menyambut dengan penuh antusias sambil menantikan kejutan apa lagi yang akan dihadirkan dari karya SK-II STUDIO kali ini. Kita sudah nonton keenam filmnya dan narasi cerita film yang disajikan lagi-lagi berhasil menggoyahkan! Penasaran seperti apa antologi animasi yang dihadirkan dalam SK-II VS Series? Baca terus artikelnya sampai selesai, Sahabat Fimela!

SK-II selalu ada cara untuk mengejutkan kita semua, dan serial antologi ini salah satunya! ‘VS’ Series ini sendiri merupakan kumpulan 6 film animasi pendek yang berisi pengalaman nyata 6 atlet Olimpiade ternama yaitu Simone Biles, pesenam paling bergengsi di dunia, Liu Xiang, perenang rekor dunia, Ishikawa Kasumi, pemain tenis meja dan peraih medali Olimpiade dua kali, Ayaka Takahashi dan Misaki Matsutomo, duo bulu tangkis dan peraih medali emas Olimpiade, Mahina Maeda, seorang atlet peselancar dan Hinotori Nippon, timnas Bola Voli Jepang. Masing-masing film menceritakan keberanian para atlet bertarung mengalahkan ‘kaiju’ atau “makhluk aneh” yang menjadi representasi dari tekanan dalam masyarakat dan dalam diri mereka masing-masing.

Yang paling disukai dari serial yang satu ini adalah setiap filmnya menceritakan kisah yang sangat relevan dengan kehidupan kita, meskipun digambarkan melalui lensa para atlet sehingga mengingatkan bahwa kita semua tidak sendirian menghadapi semua tekanan sosial ini Sahabat Fimela! Film favorit tim Fimela adalah film yang diangkat dari kehidupan Simone Biles dan Mahina Maeda karena cerita mereka menggambarkan pengalaman pribadi yang sering kita alami, apalagi di kalangan perempuan, terkait ekspektasi dan standar kecantikan yang tidak masuk akal.

Tantangan yang dihadapi oleh Simone Biles dalam film VS Trolls memang sudah tidak asing lagi bagi kita – apalagi di era sosial media saat ini. Diceritakan dalam bentuk animasi yang terinspirasi dari layaknya film Disney princess, Simone berjuang menghadapi ejekan (trolls) yang sering diterima di media sosial karena bentuk tubuh dan penampilannya yang berbeda dari definisi standar kecantikan pada umumnya. Trolls atau ejekan yang diterima oleh Simone direpresentasikan lewat monster kecil yang terus mengikutinya ke mana pun ia pergi. Monster ini pun menjelma semakin besar seiring dengan semakin besarnya ketakutan dan tantangan yang dihadapi.

 

Nah, dibawakan dengan genre yang berbeda, film Mahina Maeda menceritakan kisahnya melawan tekanan tentang aturan kecantikan bagaimana seorang perempuan seharusnya berperilaku yang bisa menghambatnya dalam proses menjadi diri sendiri. Menonton episode Maeda ini menyadarkan kalau masih banyak dari kita, perempuan, yang kerap dilumpuhkan oleh ekspektasi dan hal-hal bersifat ‘seharusnya’ yang diciptakan oleh masyarakat. Banyaknya ‘peraturan’ yang mendikte bagaimana perempuan harus bersikap dan berperasaan terkadang malah menghambat kita dalam mengekspresikan jati diri yang sebenarnya. Sahabat Fimela pernah merasakan itu juga?

Masing-masing narasi kisah nyata dari para atlet dikemas dalam animasi, style, dan genre yang menarik serta menggugah. Meskipun minim dialog, penulis dapat dengan mudah memahami alur ceritanya karena setiap tantangan dan tekanan yang dihadapi diilustrasikan dengan sangat baik serta relevan dengan kehidupan kita lewat animasi yang menarik.

Selain itu, pengalaman visual yang luar biasa pun bisa didapatkan penonton lewat gambaran yang ada di setiap filmnya. Seperti kehadiran kaiju atau monster yang menjadi representasi tekanan yang dihadapi masing-masing atlet. Menariknya lagi, meskipun menghadirkan kisah nyata para atlet, tapi pengalaman menonton beragam genre mulai dari sci-fi, fantasi, hingga aksi bisa dirasakan pada masing-masing film.

Sahabat Fimela pasti bisa menemukan episode yang paling cocok untuk tekanan sosial yang kamu hadapi saat ini! Selain kedua film yang kita share diatas, film ‘VS’ Series lainnya juga tidak kalah menarik lho! Tema yang diangkat pun sangat relevan mulai dari obsesi penampilan, ketidakpercayaan diri akibat tekanan dari luar, keterbatasan, dan pemikiran seperti mesin.

No More Posts Available.

No more pages to load.