Semua orang pasti ingin hidup bahagia, namun terkadang tantangan hidup bisa membuat senyum itu menghilang dari wajah seseorang

oleh -1.296 views

Semua orang pasti ingin hidup bahagia, namun terkadang tantangan hidup bisa membuat senyum itu menghilang dari wajah seseorang. Meski mungkin sulit di kala tertentu, sebisa mungkin lebih seringlah tertawa setiap harinya ladies, karena ini sekian alasannya secara ilmiah, dilansir dari Lifehack.

1. Meningkatkan peredaran darah

Tertawa memicu pelebaran pembuluh darah sehingg darah bisa didorong lebih cepat ke seluruh tubuh, terutama jantung. Peneliti bahkan menemukan bahwa tertawa sangat baik dalam menjaga kesehatan endotelium, mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

2. Tertawa bisa melepas stres dan mencegah depresi

Saat tertawa, otot wajah mengirimkan impuls khusus pada sistem syaraf otak untuk melepas senyawa anti depresi. Otak juga akan melepaskan dopamin, serotonin dan endorfin yang akan meningkatkan kegembiraan, mengatur rasa sakit dan melepaskan stres.

3. Menguatkan sistem imun

Tubuh yang sehat didukung oleh imun yang kuat, dan itu bisa didapat dengan sering tertawa. Berbagai hormon kebahagiaan yang dilepaskan otak mampu memperkuat sistem imun tubuh, khususnya meningkatkan immunoglobulin A yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan infeksi bakteri.

728×90 Leaderbord
4. Meredakan rasa sakit

Tertawa juga bisa meredakan rasa sakit, baik sakit secara fisik maupun hati. Meski memang tak bisa menyembuhkan penyakit serius, namun tertawa bisa memicu produksi endorfin yang membuat tubuh merasa tenang, damai, dan santai, saat itulah tubuh tidak terlalu merasa sakit.

5. Menjaga bentuk tubuh

Tak banyak yang tahu bahwa tertawa ternyata juga bisa menjaga bentuk tubuh. Tertawa juga membutuhkan kalori, meski tidak dibakar sebanyak ketika olahraga, tapi tertawa dapat melatih otot tubuh. Saat tertawa, otot perut, diafragma, leher, paru-paru, bahu dan lainnya ikut bergerak dan terlatih, sehingga kamu bisa merasakan tubuhmu menjadi lebih hangat.

6. Tampak cantik dan awet muda

Kamu mungkin berpikir kalau tertawa justru bisa menimbulkan keriput di wajah, tapi justru sebaliknya. Otot wajah jadi lebih kuat dan kulit jadi lebih kencang. Otak juga memproduksi lebih banyak endorfin agar kamu merasa bahagia.

7. Menjaga kesehatan sistem pernapasan

Tertawa juga tanpa disadari juga merupakan bentuk latihan pernapasan yang efektif membuang sisa udara di paru-paru dan membuatmu terlatih bernafas lebih dalam dan panjang. Tawa yang antusias dan berkepanjangan juga mampu membersihkan paru-paru dan menggantinya dengan udara segar yang kaya oksigen.