Seniman Sujiwo Tejo akan kembali memamerkan sebuah karya bertajuk Dongeng Cinta Ceuk Aing

oleh -211 views

Seniman Sujiwo Tejo akan kembali memamerkan sebuah karya bertajuk Dongeng Cinta Ceuk Aing. Drama musikal ini rencana tayang pada Minggu (30/8/2020). Drama ini merupakan refleksi kegelisahan Sujiwo Tejo tentang perjalanan spiritual seseorang dalam menemukan jati diri, cinta, kehidupan, dan Tuhan.

Didalangi langsung olehnya, kisah spiritualnya dikemas dalam panggung dongeng dengan sentuhan dramaturgi musikal. Dengan harmonisasi paduan lagu-lagu dan tarian, ia membuat tiap adegan dan alur kisahnya lebih bermakna bagi seluruh tawa dan tangis. Harapannya, kisah ini membuat semua penontonnya merasakan sebagai kegelisahan yang lama terpendam pada mereka sendiri.

“Mencari tahu siapa aku, dan menyadari sesuatu yang baru. Bisa jadi cinta, dusta, atau justru jadi malapetaka,” terang Sujiwo Tejo dilansir dalam laman resmi DongengJiwo.com, Minggu (2/8/2020).

Dongeng Cinta Ceuk Aing menggambarkan drama cinta seorang putri anak petani yang dijodohkan oleh bidadari. Namun menjelang pernikahan, perjodohan diganggu buaya darat. Pun demikian, Ceuk Aing tidak semata membahas persoalan cinta antarmanusia. Namun juga tentang salah satu kegelisahan terbesar manusia, yakni mencari tahu kebenaran tentang dirinya, takdir cinta, dan entitas Tuhannya.

“Kamu mungkin sadar, alasan terbesar ketimpangan sosial merajalela, adalah karena manusia semakin banyak yang kehilangan cinta. Semakin banyak pribadi yang apatis dan kehilangan makna dirinya. Dampak terparah dan berbahaya dari kehilangan jati diri manusia adalah rusaknya agama, jiwa, dan bahkan negara,” tulisnya.

Ia pun mengatakan, ketika setiap orang tahu dan kenal dengan dirinya, dia telah bersepakat atas hidupnya, hak, kewajiban, cinta, dan bagaimana sebuah keputusan bisa berakhir sebagai kedamaian. Tidak hanya untuk dirinya, tetapi untuk orang terdekat, masyarakat, negara, dan agamanya.

“Ini adalah sebuah pementasan dongeng yang akan membuka sisi lain dari cara pandang kita pada dunia, pada Tuhan, dan semesta. Bersiap-siaplah emosinya tercampur-aduk, dan merasakan getaran baru dari pencarian jati diri paling dahsyat!” tukasnya.

728×90 Leaderbord

Tiket pertunjukan Dongeng Cinta Ceuk Aing kini dapat dibeli di beberapa platform penjualan tiket daring. Harga tiket pun bervariasi, mulai dari Rp 147.000 hingga Rp 720.000.