Setelah melahirkan, para ibu tentu mengalami perubahan bentuk tubuh

oleh -297 views

Setelah melahirkan, para ibu tentu mengalami perubahan bentuk tubuh. Dan yang paling sering dikeluhkan ialah perut kendur dan buncit. Hal ini karenakan otot-otot perut meregang.

Selain diet dan olahraga, memakai korset menjadi pilihan agar otot perut kembali mengencang dan posisi rahimnya yang membesar bisa kembali ke ukuran semula dan membuat tubuh langsing.

Namun, ternyata memilih korset tidak boleh sembarangan. Untuk itu, berikut tips jitu untuk memilih korset pelangsing bagi ibu yang baru melahirkan.

1. Pilih bahan yang breathable

Kualitas bahan tentu menjadi yang utama. Bagaimanapun, bahan inilah yang akan bersentuhan langsung dengan kulit perut. Pilih bahan korset yang sifatnya breathable atau dapat memberikan sirkulasi udara yang optimal bagi kulit pemakainya.

Sebab, korset dengan bahan yang tidak breathable justru dapat memicu iritasi pada kulit karena kulit tidak bisa bernapas dengan baik. Selain itu, bahan yang tidak breathable justru dapat membuat kulit menjadi gatal. Akibatnya, menjadi tidak nyaman selama menggunakan korset.

Bisa memilih korset dengan bahan polyester atau katun. Yang paling direkomendasikan, bisa memilih korset dengan bahan serat arang bambu. Bahan serat arang bambu ini tak hanya breathable, melainkan juga dapat mencegah perkembangan mikroba bagi kulit. Bahan ini juga berfungsi sebagai anti bau jika terkena keringat karena memiliki daya serap yang baik.

728×90 Leaderbord

MOOIMOM Bamboo Postpartum Belly Band Corset salah satu produk ini terbuat dari serat arang bambu yang breathable, serta memiliki fitur far-infrared yang dapat melancarkan peredaran darah. Tekstur tenun di permukaan korset tetap terasa lembut saat bersentuhan langsung dengan kulit, sehingga tak berisiko membuat kulit gatal, lecet atau iritasi.

2. Pilih yang elastisitasnya tinggi

Pilih korset dengan elastisitas yang tinggi agar bisa fleksibel mengikuti bentuk dan ukuran tubuh. Dengan begitu, bisa bebas bergerak saat beraktivitas dan tidak menyebabkan lecet. Korset pasca melahirkan dengan elastisitas yang tinggi umumnya sangat nyaman digunakan untuk berolahraga.

3. Perekat velcro

Disarankan untuk memilih korset pasca melahirkan dengan perekat velcro. Perekat ini dapat memudahkanmu mengatur sendiri tingkat kekencangan pemakaian sesuai dengan kenyamanan.

Bagi Ibu yang melahirkan caesar, disarankan untuk memilih korset pelangsing yang memiliki perekat velcro. Hal ini ditujukan agar penggunaan korset tidak menekan bekas jahitan caesar.

4. Korset dengan tekstur tenun

Pola tenun zig-zag dan bergaris pada korset ternyata ditujukan untuk memberikan efek memijat ketika sedang beraktivitas. Dengan begitu tetap nyaman menggunakannya dan otot-otot perut juga terlatih lebih kencang.

Kembali lagi bahwa tujuan menggunakan korset ialah merapatkan kembali otot-otot perut yang meregang. Maka dari itu, pemilihan korset dengan tekstur tenun pada permukaannya juga sangat penting.

5. Sesuaikan dengan manfaatnya

Fungsi utama korset pasca melahirkan ialah mengencangkan otot perut yang meregang pasca melahirkan serta mengembalikan ukuran rahim ke posisi semula. Dengan kata lain, fungsi ini juga akan membantu menyelesaikan masalah perut buncit dan kendur setelah melahirkan.