Sineas dan budayawan Garin Nugroho menyarankan masyarakat mengambil pelajaran dari karya-karya sastrawan WS Rendra

0 14

Sineas dan budayawan Garin Nugroho menyarankan masyarakat mengambil pelajaran dari karya-karya sastrawan WS Rendra dalam bertutur di media sosial (medsos). Garin menilai, saat ini masyarakat menggebu-gebu menyuarakan pendapat di sosmed, tetapi dengan cara yang tidak tepat. Hingga akhirnya muncul berbagai berita bohong atau hoax yang dapat memecah kesatuan.

Sahabat karib WS Rendra ini mengatakan, ia banyak belajar dari mediang dalam bertutur kata. Diakui, WS Rendra adalah tokoh langka yang mampu mencampurkan dua hal penting dalam menyampaikan pendapat, yaitu pamflet dan kesusastraan.

“Di era sosial saat ini, orang hanya gunakan pamflet, yaitu apa yang disebut dengan kata-kata himbauan, melawan, menggugat dan mengkritisi, tetapi kehilangan kesusastraan, yaitu rasa kemanusiaan. Di abad medsos ini, generasi muda harus belajar dari WS Rendra. Kemajuan zaman tanpa ada rasa kemanusiaan, peradaban akan hancur,” ungkapnya saat jumpa pers lakon Panembahan Reso, di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (5/11/2019).

Di mata Garin, kemampuan pamflet WS Rendra mengandung keindahan dan bahasa. Tak heran jika karya WS Rendra hidup dari zaman ke zaman. Dengan perasaan kemanusiaan serta keterampilan berbahasa dan sastra yang dimiliki WS Rendra, menjadikan kritik-kritik sosial terdengar menginspirasi.

“Jadi tidak heran banyak anak muda yang mengutip puisi dari WS Rendra di medsos. Itu adalah bukti kerinduan, untuk mengembalikan gugatan akan kondisi sosial dengan perasaan perasaan kemanusiaan yang halus, dan kini sudah hilang,” terangnya.

Garin pun menyebut, penyair kelahiran Surakarta ibarat “Burung Merak” yang anggun dan bebas. Ia memandang, dalam tubuh WS Rendra ada keanggunan disertai kebebasan.

“Dalam tubuh WS Rendra terdapat keanggunan dan kebebasan yang disertai pengetahuan, keterampilan dan rasa kemanusiaan. Lima poin ini menurut saya kalau dimiliki anak muda menjadi hal yang paling indah dalam mewarisi sosok Rendra,” tukas sutradara Kucumbu Tubuh Indahku.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ