Sinergitas TNI AL dan Lembaga Tingkatkan Keselamatan dan Keamanan di APBS

oleh -1 Dilihat

 

Komandan Satuan Kapal Patroli Lantamal V Kolonel Laut (P) Dr. Dickry Rizanny Nurdiansyah, P.S.C.(J)., MMDS., hadir selaku pembicara dalam kegiatan Sosialisasi Peningkatan Keselamatan dan Keamanan Pelayaran di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), Jumat (26/11) bertempat di Hotel Aston Gresik, Jawa Timur. Tujuan dari pertemuan tersebut guna mensinergikan lembaga-lembaga terkait termasuk TNI AL melalui command center dalam peningkatan keselamatan dan keamanan dijalur pelayaran tersebut.

Disampaikan oleh Kolonel Laut (P) Dickry Rizanny bahwa, TNI AL Lantamal V melalui Satuan Kapal Patroli serta Pos Keamanan Terpadu, secara terus menerus melaksanakan sharing informasi dengan lembaga ataupun institusi yang ada di APBS maupun di wilayah kerjanya, guna merespon berbagai kemungkinaan yang terjadi di alur pelayaran, termasuk keselamatan serta keamanannya.

Lebih lanjut lagi menurutnya, saat ini Satrol juga mengenalkan aplikasi HALO ARMADA II yang berbasis android, yang dapat digunakan untuk monitoring berita maritim, TNI AL, meteorologi dan Hotline Number untuk pelayanan publik dan berbagi informasi. “Satrol Lantamal V secara rutin menggelar patroli bersama dengan institusi terkait lainnya, tentu saja untuk menciptakan keamanan serta keselamatan kapal-kapal yang melintasi Alur Pelayaran Barat Surabaya.”

Masih menurut Dansatrol Lantamal V, dengan terciptanya keamanan maritim termasuk di wilayah APBS tentu saja akan mewujudkan keselamatan kapal yang berlayar, serta sangat menunjang aspek perekonomian, mengingat jalur tersebut sangat strategis.

“Keamanan maritim tidak hanya sekedar kapal-kapal yang berlayar, tetapi juga mencakup ekonomi maritim, kesejahteraan maritim, keselamatan navigasi dan pertahanan maritim.” Tandas Kolonel Dickry.

Dalam kegiatan sosialisasi ini, selain dari TNI AL, turut hadir sejumlah perwakilan institusi lain diantaranya, Kantor Otoritas Pelabuhan, Distrik Navigasi Kelas I Surabaya, Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak, Polairud Polda Jatim, Dishub Jatim, DKP Provinsi Jatim, Dinas Perikanan Gresik, Pelindo, serta Direktur PT. Alur Pelayaran Barat Surabaya.

Demikian berita Dinas Penerangan Lantamal V.

No More Posts Available.

No more pages to load.