Sinergitas TNI Dengan Pemda Kabupaten Natuna Dan Masyarakat Telah Terjalin Baik

oleh -133 views

 

NATUNA— Dandim 0318/Natuna Letkol Arm Asep Ridwan mengklaim bahwa sinergitas antara TNI dengan Pemda Kabupaten Natuna dan masyarakat telah terjalin baik. Khususnya pada pelaksanaan program TMMD Ke 110 Kodim 0318/Natuna.

Dandim sekaligus Dansatgas TMMD Ke 110 Kodim 0318/Natuna ini menyebut bahwa kedekatan antara TNI dengan Pemda Kabupaten Natuna dan masyarakat cukup baik.

”terbukti dari setiap pelaksaan program TMMD, ada keterlibatan dari pemda hingga masyarakat,” katanya.

Salah satu contohnya adalah pada kegiatan penanaman pohon mangrove di Teluk Sangki atau lebih sering disebut Pantai Pering pada Minggu (14/3/2021). Dandim mengungkapkan bahwa ada keterlibatan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Natuna dan masyarakat.

”Saat penanaman mangrove dalam rangka TMMD ini, ada kehadiran tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat juga hadir,” jelas Dandim.

”Untuk Kabupaten Natuna, bisa dikatakan setiap dua tahun, kita melaksanakan TMMD. Sehingga bukan hal asing lagi di kalangan pemda maupun masyarakat,” sambungnya.

728×90 Leaderbord

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Natuna, Dwi Wijanarto mengatakan bahwa penanaman mangrove ini sebagai bentuk dukungan terhadap TMMD khususnya pada program non-fisik. Selain itu juga untuk mencegah abrasi di pantai tersebut.

”Mendukung TMMD non fisik dan sebagai upaya untuk mencegah abrasi,” katanya.

Selain penanaman mangrove tersebut, lanjut Dwi, DLH Kabupaten Natuna juga melakukan penanaman di gerbang Kantor Pemerintah Kabupaten Natuna.

”Khususnya untuk Ruang Terbuka Hijau (RTH) kami menanam 200 lebih pohon ketapang kencana. Sebagai peneduh dan memercantik tata kota,” imbuhnya.

Dia punberharap pelaksanaan TMMD tetap berkelanjutan. ”Tetap bersinergi antara TNI, pemerintah daerah dan masyarakat,” harapnya.