Siswa Dikmaba Angkatan XL/2 Pusdikbanmin Dapatkan Materi Pelajaran VBSS

oleh -215 views

 

Kodiklatal Surabaya, 5 Juni 2021

Dalam upaya meningkatkan naluri tempur sekaligus sebagai bekal untuk masuk di Kotama operasi TNI AL, Siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) Angkatan Ke-40 Gelombang 2 Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kodiklatal mendapatkan materi pelajaran Visit Boarding Search Seizure (VBSS) yang dilaksanakan di lapangan Laut Maluku Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Sabtu, (5/6/2021).

Adapun materi pelajaran VBSS tersebut disampaikan langsung dari para instrukur prajurit Komando Pasukan Katak (Kopaska) yang berdinas Sekolah Komando Pasukan Katak (Sekopaska) Pusat Pendidikan Khusus (Pusdiksus) Kodikopsla Kodiklatal. Pelajaran VBSS yang disertai kegiatan praktek tersebut ditinjau langsung Komandan Pusdikbanmin Kolonel Laut (S) Anggun Nan Tungga, S.T., S.E., M.MT., M.Tr Opsla

Disela-sela peninjauan Danpusdikbanmin Kodikdukum Kolonel Laut (S) Anggun Nan Tungga, S.T., S.E., M.MT., M.Tr Opsla menyampaian mengingat pentingnya materi pelajaran sekaligus sebagai bekal sebelum masuk di satuan baru, agar para siswa memanfaatkan momen pelajaran ini sekaligus mengikuti petunjuk dan arahan dari para pelatih Sekopaska. Menurutnya saat ini program VBSS sudah masuk dalam Kurikulum di Kodiklatal sehingga para siswa di wajibkan mengikuti pelajaran yang disertai Latihan Praktek.

Dalam pelajaran tersebut para siswa Dikmaba Pusdikbanmin ini mendapatkan materi pelajaran mengenai pengertian VBSS, Type Boarding, Tahapan Boarding, Hallway Prosedur, kegiatan yang dilaksanakan sebelum aksi, prosedur melewati tangga dan prosedur penanganan tawanan. Pada kesempatan tersebut dijelaskan pengertian Visit yaitu mendekati target menggunakan sarana yang ada sesuai situasi dan Kondisi, Board yang berati memasuki sasaran secepat dan seefektif mungkin, Search pencarian target material dan personil serta Seizure yang berati pengamanan dan penangan target berupa personil dan material.

Secara umum Visit Boarding Search Seizure (VBSS) merupakan tindakan penyergapan, pemeriksaan, penggeledahan dan penguasaan kapal sasaran di laut dikarenakan tingkat eskalasi yang sudah membahayakan. VBSS adalah suatu tim kecil yang memiliki kemampuan gerakan taktis dan menembak, taktik defensive, memukul mundur, mencari dan melumpuhkan musuh serta memiliki ketrampilan lain.

Tim VBSS ini merupakan tim yang mempunyai kemampuan yang sangat penting dan vital dalam pelaksanaan penegakan hukum di laut Nusantara. VBSS juga merupakan alat penangkal dan lawan bagi setiap upaya pelanggaran ataupun tindak pidana di laut baik itu berupa pembajakan dan penyelundupan yang menggunakan laut sebagai medianya.

Adapun materi pelajaran VBSS ini sangat berguna bagi para siswa setelah masuk Kotama Operasi terutama di KRI dalam proses Pemeriksaan, pengawalan dan penangkapan kapal serta menyelamatkan sandera di kapal, selain itu merupakan upaya untuk melumpuhkan pembajak atau teroris yang menyandera kapal.

No More Posts Available.

No more pages to load.