Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XL/2 Puslatdiksarmil Kodiklatal Lattek Berganda di Puslatpur Purboyo

oleh -97 views

 

Kodiklatal Malang, 23 Februari 2021,Sebelum mengakhiri Pendidikan Dasar Keprajuritan (Diksarit) sekaligus dalam rangka mengaplikasikan pelajaran teori yang didapat selama dikelas, siswa Pendidikan Pertama Bintara Prajurit Karier (Dikmata PK) TNI AL Angkatan ke-40 Gelombang 2 yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Bintara (Seba) Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal, melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Berganda yang dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Purboyo Kabupaten Malang, Selasa, (23/2/2021).

Dalam Lettek ini Pimpinan latihan dijabat Danpuslatdiksarmil, penasehat Latihan dijabat Wadan Pusklatdiksarmil, Direktur Latihan dijabat Danseba Puslatdiksarmil Letkol Marinir Setiyo Adi dan Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) Paopsjar Puslatdiksarmil. Selain melibatkan siswa sebagai peserta Lattek, kegiatan Lattek berganda yang dilanjutkan Jurit tangkas ini juga melibatkan seluruh instruktur dan pelatih dilingkungan Puslatdiksarmil.

Sebelum pelaksanaan Lattek diawali dengan apel kelengkapan sekaligus inspeksi guna mengecek kesiapan pelaksanaan latihan baik keperluan dan kelengkapan perorangan maupun kelengkapan penyelenggara latihan dalam hal ini lembaga pendidikkan Sekolah Bintara Puslatdiksarmil.

Adapun materi Lattek berganda yang dipraktekkan para siswa Dikmaba ini adalah menembak senjata pistol dan laras panjang SS-1, meluncur dari ketinggian, naik turun jaring meniti dan merayap tali, Ilmu Medan Membaca Peta (IMMP), Jurit tangkas dan jurit malam. Selain problem tersebut diatas para siswa juga melaksanakan praktek lempar granat, perembesan, teknik tempur dasar, Pioner and Junle Survival, kompas siang dan malam dan dikhiri dengan Lintas Medan sejauh 35 KM.

Danseba Puslatdiksarmil Letkol Marinir Setiyo Adi menyampaikan bahwa tujuan dari Lattek Siswa Dikmaba ini adalah untuk membekali dan melatih siswa agar dapat, mampu dan memiliki kemampauan, ketahanan fisik, ketrampilan serta kecakapan menembak senjata ringan, latihan berganda, limed dan Sea and Jungle Survival.

Sedangkan sasaran lattek adalah Siswa mampu menembak senjata ringan laras panjang pada jarak 100 dan 200 meter, menembak pistol jarak 15 dan 25 meter serta memahami dan mengetahui prosedur mengatasi gangguan pada sentjata ringan laras panjang dan pistol. Selain itu dalam lattek berganda, limed, Sea and Jungle Survival para siswa agar memiliki daya tahan fisik, rasa percaya diri dan keberanian dalam melaksanakan tugas –tugas prajurit di lapangan dan memilki kemampuan dan pengetahuan bertahan hidup dilaut dan dihutan.
[13:23, 23/02/2021] komandan SBY: Peringati Hut Ke-75 Polisi Militer TNI Angkatan Laut Tahun 2021, Denpomal Lanal Denpasar Gelar Apel Khusus

728×90 Leaderbord

Lantamal V,— Dalam rangka memperingati HUT ke-75 Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) tahun 2021, Detasemen Polisi Militer Angkatan Laut (Denpomal) Lanal Denpasar, menggelar apel khusus HUT ke-75 Pomal, dengan Pimpinan Apel Pasprogar Lanal Denpasar Mayor Marinir I Nyoman Suarmika yang digelar di Dermaga Timur Pelabuhan Benoa Jl. Raya Pelabuhan Benoa Provinsi Bali. Senin (22/02/2021)

Peringatan hari ulang tahun ke-75 Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) tahun 2021 yang mengangat tema “Terpilih, Terlatih, Militan, Profesional” kali ini, diperingati secara sederhana namun tetap berjalan dengan hikmat.

Dalam amanatnya Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. yang dibacakan oleh Pasprogar Lanal Denpasar mewakili Komandan Lanal Denpasar mengatakan bahwa Peringatan HUT Polisi Militer Angkatan Laut ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga prajurit Polisi Militer Angkatan Laut dapat memberikan pengabdian terbaiknya selama 75 tahun. Momentum ini sekaligus untuk mengevaluasi dan melakukan instrospeksi diri dalam menilai sejauh mana pengabdian dan kinerja Polisi Militer Angkatan Laut dalam organisasi TNI Angkatan Laut.

Disamping itu Kasal juga mengatakan bahwa Polisi Militer Angkatan Laut adalah figur prajurit yang memegang teguh semboyan “WIJNA WIRA WIDHAYAKA” yang berarti prajurit penegak aturan yang berwatak ksatria, arif dan bijaksana serta menjunjung tinggi prinsip kebenaran. Institusi Pomal sebagai penegak hukum dan tata tertib prajurit harus dapat menunjukkan eksistensinya guna mencegah dan menangani setiap pelanggaran disiplin, maupun menjauhkan prajurit TNI Angkatan Laut dari segala bentuk tindak pidana.

Hadir dalam apel khusus tersebut para Kasatker dan seluruh Perwira di Lingkungan Mako Lanal Denpasar dan seluruh Prajurit serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) Mako Lanal Denpasar Bali.

Sebelumnya, dalam rangka menyambut HUT ke-75 Pomal tahun 2021, Denpomal Lanal Denpasar-Bali juga telah melaksanakan serangkaian kegiatan yaitu diantaranya Donor darah yang bekerja sama dengan Instansi Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI kota Denpasar serta Operasi Gaktib dan Yustisi yang dilaksanakan di Mako Lanal Denpasar Bali.
[13:25, 23/02/2021] komandan SBY: Trims ditetuskan ke kodiklstal, sttsl
[14:42, 23/02/2021] Nomor CS Dnewsradio.com: https://dnewsradio.com/peringati-hut-ke-75-polisi-militer-tni-angkatan-laut-tahun-2021-denpomal-lanal-denpasar-gelar-apel-khusus/
[14:42, 23/02/2021] Nomor CS Dnewsradio.com: https://dnewsradio.com/peringati-hut-ke-75-polisi-militer-tni-angkatan-laut-tahun-2021-denpomal-lanal-denpasar-gelar-apel-khusus/