Siti Nadia Tarmizi mengatakan, sejauh ini belum ditemukan kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) gejala berat pada program vaksinasi Covid-19

oleh -1.026 views

Juru bicara (Jubir) Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan, sejauh ini belum ditemukan kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) gejala berat pada program vaksinasi Covid-19 tahap I untuk tenaga kesehatan (nakes), maupun tahap II untuk petugas pelayanan publik yang saat ini tengah berlangsung.

“KIPI tidak ada gejala berat, semua ringan. Dan rata rata tidak perlu perawatan,” kata Nadia.

Kendati demikian, Nadia menegaskan, vaksinasi sangat penting dan memiliki manfaat yang lebih besar dibanding risikonya karena memiliki risiko efek samping yang rendah. Pasalnya, vaksin yang dipakai dalam program vaksinasi dipastikan aman, serta sesuai rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan memiliki reaksi lokal dan efek sistemik yang rendah, memiliki imunogenitas tinggi, serta efektif mencegah Covid-19.

Sebagaimana diketahui, dalam penanganan Covid-19, pemerintah menjalankan program vaksinasi nasional. Adapun sasaran prioritas penerima vaksinasi tahap I yakni tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 1.468.764 juta. Lalu, tahap II untuk lansia dan petugas pelayanan publik dengan total sebanyak 38.513.466 dengan rincian 21.553.115 atau 21,5 lansia dan 16,9 juta orang petugas pelayan publik.