Solidnya TNI AL Dan TNI AU Dalam Menjaga Keamanan Laut Indonesia

oleh -292 views

 

TNI AL. Koarmada II. Surabaya, 17 September 2021,Ditengah patroli laut dalam Operasi Aman Sagara-21 di bawah komando dan kendali operasi Guskamla Koarmada III, KRI Hasan Basri-382 melaksanakan kerja sama taktis dengan Pesud Boeing 737 milik TNI AU yang juga sedang melaksanakan Operasi Elang Timur-21 di wilayah perairan ALKI III, pada Kamis (16/9).

Komandan KRI HBS- 382 Letkol Laut (P) Agung Maulana S.T., menyampaikan bahwa KRI HBS-382 dan Pesud Boeing 737 mengoptimalkan pelaksanaan operasi dengan saling bertukar informasi (information sharing) dalam melaksanakan pengamanan perairan terutama di wilayah ALKI III, yang meliputi Laut Maluku , Laut Seram, Laut Banda, Laut Ombai dan Samudera Hindia.

Agung mengungkapkan jika saat melaksanakan patroli keamanan laut, pihaknya memanfaatkan setiap kesempatan untuk bekerja sama dengan unsur-unsur gelar TNI. “Tujuannya hanya satu yakni demi menjaga integritas dan soliditas TNI dalam menjaga kedaulatan NKRI, “ ungkapnya.

Lebih lanjut Agung menambahkan bahwa apa yang Ia laksanakan bersama awak kapalnya adalah upaya tindak lanjut instruksi Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto, S.H.,M.A.P.,M.Tr.(Han). Yakni terkait keamanan dan kedaulatan NKRI, agar unsur-unsur KRI jajaran Koarmada II di setiap operasi penugasan senantiasa menjaga integritas dan soliditas dengan matra lain baik TNI AD maupun TNI AU.

“Hal tersebut sejalan dengan penekanan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M. untuk menjalin soliditas dengan segenap komponen pertahanan dan keamanan negara menuju sinergitas dalam kesemestaan,” tegas Agung.

Sementara itu dalam pelaksanaan kersamtis tersebut, komunikasi dapat terjalin dengan baik pada jarak sekitar 75 NM dimana Boeing 737 terbang pada ketinggian 20.000 feet dan memonitor posisi KRI HBS-382. Pertukaran informasi berupa kontak-kontak yang didapatkan Boeing 737 selama melaksanakan patroli penerbangan juga dapat terlaksana baik.

Pada akhir komunikasi, Komandan KRI HBS-382 beserta seluruh prajurit mengucapkan terima kasih atas kerja sama Boeing 737 dengan mengirim pesan Happy Landing dan salam Swa Buana Paksa kepada mereka. Demikian sebaliknya, Pilot Boeing 737 Mayor Pnb Handyka Prama menyampaikan pesan kepada KRI HBS-382 yakni selamat berlayar dan bertempur dan salam Jalesveva Jayamahe, Justru di Laut Kita Jaya.

(Pen2)

No More Posts Available.

No more pages to load.