Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas dan Pelatihan Reformasi Birokrasi TNI AL serta Uji Petik Bidang Operasi dan Latihan di Lanal Sabang

Aceh313 Dilihat

 

TNI AL, Sabang,- Personel Lanal Sabang menerima Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas dan Pelatihan Reformasi Birokrasi TNI AL serta Uji Petik Bidang Operasi dan Latihan, bertempat di Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso No.1, Gampong Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Jumat (16/6/2023).

Komandan Lanal Sabang Letkol Laut (P) Son Haji Hariyoko, M.Tr. Hanla., M.M., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Zona Integritas merupakan miniatur penerapan reformasi birokrasi tingkat instansi pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, berkinerja tinggi, dan memberikan pelayanan yang berkualitas. Dalam rangka mewujudkan pemerintah yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, nepotisme yang merupakan salah satu target program reformasi birokrasi, maka unit instansi pemerintah harus melaksanakan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Pembangunan Zona Integritas berfokus melaksanakan pembangunan pada beberapa area perubahan, yakni Manajemen Perubahan, Manajemen Tata Laksana, Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik,” ujar Danlanal Sabang.

Sementara itu, Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP., dalam sambutannya yang disampaikan oleh oleh Paban I Ren Sopsal Kolonel Laut (P) Tomi Erizal, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas dan Pelatihan Reformasi Birokrasi TNI Angkatan Laut serta Uji Petik Bidang Operasi dan Latihan yang kita laksanakan dalam dua hari ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan para peserta aktif mengikuti sehingga dapat mencapai tujuan dan sasaran yaitu memberikan wawasan, pemahaman, dan pendampingan kepada para personel pengawak dalam hal ini para prajurit Lanal Sabang dalam melaksanakan pembangunan Zona Integritas untuk meraih predikat menuju WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani) diakhir tahun 2024 mendatang.

“Dengan kehadiran Tim Reformasi Birokrasi Mabesal, diharapkan seluruh agent of change Lanal Sabang dapat menjadi motor penggerak dalam membawa perubahan kearah yang lebih baik dan mempercepat proses pembangunan Zona Integritas melalui pemenuhan komponen pengungkit dengan segala data dukung yang dipersyaratkan oleh Kemenpan RB. Dengan selesainya kegiatan ini, diharapkan para peserta benar-benar dapat memahami secara utuh gambaran mengenai reformasi birokrasi di lingkungan TNI, strategi dan tahapan dalam pembangunan zona integritas, sehingga diharapkan Lanal Sabang dapat mengimplementasikan dalam rangka mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Kegiatan berlangsung selama 2 (dua) hari tanggal 15-16 Juni 2023 dengan materi, Sosialisasi Reformasi Birokrasi Zona Integritas TNI AL disampaikan oleh Pabandya PMPRB BAN VI RB Srenaal Letkol Laut (P) Tomosa Uskarlind Larosa, M.Tr. Opsla., dan Reformasi Birokrasi Bidang Tata Laksana Dalam Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM oleh Pabandya Renevalap BAN I Ren Sopsal Letkol Laut (P) Alamsyah Putra Tanjung, M.Tr. Opsla., serta Praktek Pengisian Lembar Kerja Evaluasi Pembangunan ZI (Permenpan RB Nomor 90 Tahun 2021). Selain itu, juga dilaksanakan Uji Petik Bidang Operasi dan Latihan di KAL IBOIH I-1-71.

(Pen Lanal Sabang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *