Spanyol tampil cemerlang dan menghantam 5-0 atas Slovakia dalam pertandingan terakhir penyisihan Grup E Piala Eropa 2020

oleh -570 views

Spanyol tampil cemerlang dan menghantam 5-0 atas Slovakia dalam pertandingan terakhir penyisihan Grup E Piala Eropa 2020, Rabu (23/6/2021) di Stadion La Cartuja, Sevilla. Gol yang membawa pasukan Luis Enrique unggul terjadi karena bunuh diri kiper Slovakia, Martin Dubravka, tandukan Aymeric LaportePablo Sarabia, Ferran Torres, dan bunuh diri Jurac Kucka.

Berkat kemenangan ini Spanyol pun lolos ke babak 16 besar. Mereka menempati posisi kedua klasemen Grup E setelah di pertandingan lainnya Swedia menundukkan Polandia, 3-2. Di babak perdelapan final, Spanyol akan bertemu Kroasia.

Dengan demikian di klasemen akhir, Swedia menjadi juara grup dengan tujuh poin, Spanyol menjadi runner-up dengan lima poin, sementara Slovakia berada di posisi ketiga dengan tiga poin. Sementara Polandia menjadi juru kunci dengan koleksi hanya satu poin. Slovakia dan Polandia pun tersisih dari Euro 2020.

Dalam pertandingan yang dipimpin wasit Bjorn Kuipers dari Belanda ini, Enrique mengusung formasi 4-3-3. Dia memasang trio lini depan yang terdiri dari Pablo Sarabia, Alvaro Morata, dan Gerard Moreno. Sementara tiga pemain di belakang mereka adalah Koke, Sergio Busquets, dan Pedri.

Eric Garcia dan Aymeric Laporte menjaga jantung pertahanan didampingi César Azpilicueta di kanan dan Jordi Alba di kiri. Para pemain bertahan ini mengawal kiper Unai Simon.

Sementara Slovakia menerapkan formasi 4-2-3-1. Ondrej Duda dipasang sebagai ujung tombak tunggal ditopang trio Lukas Haraslin, Marek Hamsik, dan Robert Mak.

Kiper masih dipercayakan kepada Martin Dubravka. Penjaga gawang Newcastle United ini dijaga empat pemain belakang Peter Pekarík, Lubomir Satka, Milan Skriniar, dan Tomas Hubocan. Duet gelandang Juraj Kucka dan Jakub Hromada akan beroperasi di depan mereka.

Spanyol seharusnya bisa memimpin pada menit ke-12 ketika mendapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Jakub Hromada menendang Koke dari belakang di kotak terlarang.

Sayang striker Spanyol, Alvaro Morata, yang menjadi eksekutor penalti gagal memanfaatkan peluang emas ini. Tembakannya ke sisi kiri gawang berhasil ditepis kiper Martin Dubravka.

Spanyol kembali nyaris memimpin pada menit ke-20. Pedri yang sudah di depan gawang menyambut umpan silang Cesar Azpilicueta. Namun bola tak mampu dimanfaatkan secara maksimal oleh Pedri.

Dubravka kembali menjadi pahlawan saat mematahkan tendangan keras yang dilancarkan Alvaro Morata pada menit ke-25. Kiper berusia 32 tahun menepis bola hasil sepakan kaki kanan penyerang Juventus tersebut.

Namun pada menit ke-30, Dubravka justru menjadi biang terjadinya gol ke gawang Slovakia. Dia mencetak fol bunuh diri yang membuat Spanyol mempimpin. Gol berawal dari tendangan keras Pablo Sarabia yang membentur gawang. Dubravka yang berupaya membuang bola malah memasukannya ke gawang sendiri.

Spanyol menutup babak pertama dengan gol yang dilesakkan Aymeric Laporte saat injury time. Pemain belakang ini melesakkan bola ke gawang Slovakia dengan tandukan memanfaatkan umpan Gerard Moreno.

Memasuki babak kedua, Slovakia langsung mengganti dua pemain yakni striker Ondrej Duda dan gelandang Jakub Hromada. Keduanya masing-masing digantikan Michal Duris dan Stanislav Lobotka.

Spanyol kembali berinisiatif menyerang setelah jeda. Upaya menggempur Slovakia ini kembali membuahkan hasil pada menit ke-56. Gol berawal dari umpan yang dikirim Jordi Alba. Pablo Sarabia yang menunggu di depan gawang mengarahkan bola ke sisi kiri kiper Martin Dubrovka. Dubravka pun tak mampu menjangkau bola dan kebobolan untuk ketiga kalinya.

Pada menit ke-66, Spanyol memasukkan Ferran Torres menggantikan Alvaro Morata. Hanya satu menit setelah menjejakkan kaki di arena dia berhasil menambah keunggulan timnya.

Satu menit setelah masuk ke lapangan dia mendapat umpan dari Pablo Sarabia tepat di mulut gawang. Dengan satu sentuhan dia berhasil melesakkan bola ke gawang Slovakia memperdaya kiper Martiv Dubravka.

Spanyol kian tak terkejar setelah unggul 5-0 pada menit ke-71. Gol kelima pasukan Luis Enrique terjadi karena bunuh diri gelandang Slovakia, Juraj Kucka.

Gol berawal dari perebutan bola di depan gawang. Aymeric Laporte menyundul bola yang kemudian disambut juga dengan tandukan oleh Pau Torres ke gawang Slovakia. Jurac Kucka yang berupaya membuang bola justru melesakkannya ke gawang sendiri. Keunggulan 5-0 yang diraih Spanyol bertahan hingga pertandingan usai.

No More Posts Available.

No more pages to load.