STTAL Mengikuti Sarasehan Matematika Militer Universitas Pertahanan R.I

oleh -160 views

 

TNI AL – STTAL Surabaya, Universitas Pertahanan Republik Indonesia menggelar Sarasehan Matematika Militer yang di buka oleh Rektor Unhan R.I. Laksamana Madya TNI Prof. Dr. Ir. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD., secara daring online bertempat Auditorium Universitas Pertahanan Republik Indoesia Sentul Jakarta dengan di ikuti para mahasiswa Unhan R.I., Dosen pengajar Unhan R.I., para akademisi perguruan tinggi serta di ikuti Lembaga Pendidikan dan Penelitian di lingkungan TNI, salah satunya Lembaga Pendidikan STTAL yang diwakili Dirpascasarjana STTAL Kolonel Laut (KH) Dr. Sutrisno, M.T., dengan didampingi Kaprodi Teknik Manajemen Industri STTAL, Letkol Laut (KH) Dr. Joko Purnomo, S.Si., M.T., di Rupat Gd. Soewarso Kampus STTAL Bumimoro Surabaya dengan tetap protokol kesehatan. Senin (22/11/2021)

Sarasehan Matematika ini bertemakan “Penerapan Matematika Militer Guna Pengembangan Ilmu Pertahanan” secara Daring online dengan menghadirkan pemapar dari Universitas Pertahanan R.I., yakni Kolonel Laut (KH) Dr. Ir. Yanif Dwi Kuntjoro, M.Si., tentang Matematika Militer Dasar dan Matematika Militer Lanjutan, yang dipandu moderator dari Dosen tetap Prodi Matematika Universitas Pertahanan R.I., Novan Tofany, S. Si., M.Sc., Ph.D., selanjutnya dalam seminar kali ini menghadirkan penanggap dari para Guru Besar Matematika dari ITS, ITB dan Science & Technology Attache IFI, Embasy of France antara lain; 1) Prof. Drs. Basuki Widodo, Ph.D., Guru Besar Matematika Institut Teknologi Sepuluh Nopember; 2) Prof. Marcus Wono Setya Budhi, Ph.D. Guru Besar Matematika Institut Teknologi Bandung; 3) Prof. Dr. Budisantoso Wirjodirjo Guru Besar Matematika Institut Teknologi Sepuluh Nopember; 4) Prof Edy Soewono, Ph.D., Guru Besar Institut Teknologi Bandung; dan 5) Dr. Thierry Goubier Science & Technology Attache IFI, Embasy of France.

Pada sarasehan ini dilanjutkan sesi tanyajawab dan pemberian sertifikat para narasumber sekaligus pembacaan hasil sarasehan matematika militer oleh Dekan FTP Laksamana Muda TNI Dr. Kasih Prihantoro., S.E., M.M., M. Tr.(Han), menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada para peserta, narasumber, pemapar serta seluruh Civitas Akademika Universitas Pertahanan R.I., yang berperan aktif dan memberikan kontribusi yang sangat baik dan bermanfaat.

Sarasehan matematika militer ini bertemakan “Penerapan Matematika Militer Guna Pengembangan Ilmu Pertahanan” sebagai wadah kegiatan diskusi guna penyusunan buku ajar matematika militer dasar dan matematika militer lanjutan.

Bahwa matematika militer mengajarkan kita cara berfikir rasional, logis, terstruktur terhadap suatu permasalahan yang dihadapi prajurit TNI dalam menganalisa rencana pengerahan pasukan beserta perlengkapan tempurnya sebagai bagian metode transportasi militer untuk menentukan waktu dan ligistik, pengetahuan tentang matematika militer ini sangat penting dan menjadi kebutuhan bagi mahasiswa seluruh Civitas Akademika dilingkungan Universitas Pertahanan R.I., buku matematika dasar ditujukan untuk Prodi D3 dan Prodi S1 yang berisikan konsep2 dasar matematika yang diikuti contoh2 aplikasi dibidang militer meliputi; logika, matematika bilangan real, geometri ruang, limit dan ke kontinyuan fungsi integral dst, selanjutnya buku matematika lanjutan ditujukan untuk Prodi S2 dan S3 yang dapat bersifat aplikatif dalam simulasi pertempuran maupun simulasi peperangan yang bersifat untuk membantu dalam penelitian, tesis dan disertasi.

Demikian Berita Bagian Penerangan STTAL.

No More Posts Available.

No more pages to load.