Sutrisno : Pj Kades Penengahan Diduga Menabrak Aturan

0 335

Pesawaran,Lampung–Lembaga Swadaya Masyarakat Aliansi Indonesia Kabupaten Pesawaran akan segera layangkan surat ke BPKP lampung terkait dugaan korupsi Dana Desa 2019 Desa Penegahan Kecamatan Waykhilau Kabupaten Pesawaran. (Minggu 23-02-2020)

Dikatakan oleh koordinator lapangan LAI, Sutrisno, bahwa pihaknya mencurigai  pembagunan yang bersumber dari Dana Desa di Desa Penegahan Kecamatan Waykhilau Kabupaten Pesawaran tahap ke-3 yang di lakukan Pj Kades Penegahan Kecamatan Waykhilau Kabupaten Pesawaran sudah menyalahi aturan Permendagri No 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembagunan Desa dan di ubah di Permendagri No 20 tahun 2018 tentang Pengelalaan Keuangan Dana Desa.

” pembuatan RPJMdes dan RKPdes itu berdasarkan Musdes (Musyawarah Desa), RPJMdes untuk jangka 6 tahun dan RKP des untuk jangka satu tahun, lalu kenapa pembangun di Desa Penegahan ini tidak sesuai dengan RKPdes yang tentunya itu jadi pertanyaan kami” terang Sutrisno.

Lanjut Sutrisno pihaknya akan segera melaporkan Pj Kades Penegahan Kecamatan Waykhilau Kabupaten Pesawaran ke BPKP.

” terkait ada dugaan perubahan RKPdesa tahun 2019 di Desa Penegahan tanpa adanya Musdes yang terkesan adanya indikasi korupsi kami akan segera melaporkan Pj Kades Penegahan ke BPKP untuk segera megaudit penggunaan Dana Desa tahun 2019″ tegas Sutrisno koordinator LAI

Saat dikonfirmasi dengan Wakil Ketua BPD Desa Penegahan Kecamatan Waykhilau Kabupaten Pesawaran, Muhrodiz mengatakan” kami sangat menyayangkan hal tersebut, kenapa Pj Kepala Desa Penegahan Kecamatan Waykhilau Kabupaten Pesawaran berani merubah RKP des tanpa adanya Musyawarah Desa ( Musdes) dan tentunya kalau memang tersebut dilakukan, berarti ada dugaan indikasi korupsi, dan itu harus di tindak tegas, kami selaku BPD siap dipanggil apa bila itu di perlukan oleh penegak hukum” tegas Muhrodi Wakil Ketua BPD Desa Penegahan.

Sampai berita ini diturunkan pihak Pj Kepala Desa Penegahan Kecamatan Waykhilau Kabupaten Pesawaran belum bisa ditemui dan dihubungi untuk diminta klarifikasinya terkait dugaan diatas dimaksud. ( Din/Tim)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ