Tahap Debarkasi Bantuan Kemanusiaan Untuk Gaza di El Arish Mesir

Tahap Debarkasi Bantuan Kemanusiaan Untuk Gaza di El Arish Mesir

INTERNATIONAL106 Dilihat

 

Jalesveva Jayamahe–
Mesir, 14 Februari 2024 — TNI Angkatan Laut (TNI AL) melalui KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 (KRI RJW-992) telah tiba dan menyerahkan bantuan dari warga Indonesia untuk korban konflik di Gaza kepada Perwakilan Egypt Red Crescent (Bulan Sabit Merah Mesir/ERC) Ahmed Buhaeri Ali di Pelabuhan El Arish mesir, Rabu (13/02) kemarin.

KRI RJW-992 merupakan kapal bantu rumah sakit TNI AL yang tergabung dalam Satgas Port Visit Mesir 2024 yaitu misi kemanusiaan pengiriman bantuan untuk masyarakat sipil konban konflik di Gaza.

Hari ini, Rabu (14/02) proses debarkasi (bongkar muat) sebanyak 242 ton bantuan sedang dilakukan secara bertahap dan diperkirakan akan berlangsung selama 4 hari. Bantuan kemanusiaan yang akan disalurkan antara lain bahan makanan, alat medis, obat-obatan, selimut, tenda, dan barang logistik lainnya yang dibutuhkan oleh para korban konflik di Gaza.

Setelah tahap debarkasi (bongkar muat) ini selesai, bantuan akan dikirimkan oleh pihak ERC masuk ke Gaza melalui perbatasan Rafah, untuk kemudian dibawa masuk dan disalurkan ke korban konflik di Gaza.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena yang tengah mengemban misi mulia bahwa TNI AL berkomitmen untuk memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia maupun internasional termasuk dalam misi perdamaian dan kemanusiaan, serta menekankan untuk senantiasa menjaga nama baik TNI, khususnya TNI AL, bangsa, dan negara di kancah internasional.

Demikian berita Dinas Penerangan Angkatan Laut.