Taruna AAL Korps Teknik, Latihan Pengendalian Kualitas BBMP dan Pengujian Material

oleh -94 views

 

AAL, Surabaya (30/3).Selama dua pekan kedepan, 14 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Korps Teknik Angkatan ke-67 akan melaksanakan Latihan Praktek Pengendalian Kualitas Bahan Bakar Minyak Pelumas (BBMP) dan Pengujian Material di Labinkimat Surabaya dan Pusat Pendidikan dan Latihan Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM MIGAS), Cepu.

Hal tersebut dikatakan Kepala Departemen Teknik, Kolonel Laut (T) Muhamad Suprapto, S.T., M.Tr.Opsla. saat meninjau pelaksanaan Latihan Praktek BBMP dan Pengujian Material Taruna AAL Korps Teknik Tingkat lll Angkatan ke-67 di Pusdiklat PPSDM MIGAS Jl Sorogo No.1, Kampungbaru, Karangboyo, Kec. Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Selasa (30/3).

Latihan Praktek Pengendalian Kualitas BBMP dan Pengujian Material yang dimulai 29 Maret hingga 12 April 2021 mendatang ini, di buka Koordinator Penyelenggara Sarana dan Prasarana Pengembangan PPSDM Ir. Sulistyono di Gedung Utama PPSDM.

Gubernur AAL Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) dalam sambutannya yang dibacakan Kadeptek AAL mengatakan bahwa maksud dari pelaksanaan Latihan Praktek ini, adalah untuk meningkatkan profesionalitas Taruna Tingkat III Korps Teknik dalam mengaplikasikan teori-teori tentang pengolahan bahan bakar minyak pelumas dan pengendalian material.

Sedangkan tujuan dari Latihan Praktek Pengendalian BBMP dan Pengujian Material ini lanjutnya, adalah untuk memberikan bekal pengetahuan tentang segala aspek bahan bakar dan minyak pelumas serta pengujian material kepada Taruna Tingkat III Korps Teknik dengan segala permasalahannya serta dapat mengaplikasikannya secara baik dan benar.

Selama pelaksanaan Latihan Praktek, para Taruna akan mendapatkan materi latihan tentang Overview Industri Hilir Migas, Karakteristik pelumas, Karakteristik BBM, Proses pengolahan BBM dan pelumas, Pengelolaan BBM dan pelumas, Uji mutu BBM dan pemeriksaan kualitas BBMP, Uji kekuatan bahan material teknik dan Uji komposisi material.

728×90 Leaderbord

“Dengan alokasi waktu yang disediakan, saya berharap latihan praktek ini dapat berjalan dengan sebaik-baiknya, gunakan waktu secara efektif dan seefisien mungkin demi tercapainya peningkatan kualitas dan keterampilan profesi Taruna Korps Teknik. Perhatikan faktor keamanan sesuai dengan SOP untuk menghindari kerugian personel dan materiil,” pintanya.

Sebelum melaksanakan latihan praktek, seluruh Taruna AAL Tingkat III Korps Teknik beserta seluruh staf latihan melaksanakan test swab terlebih dahulu dan selama menjalankan latihan tetap disiplin ketat menerapkan protokol kesehatan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.