Taruna AAL Tingkat I Angkatan Ke-69 Dikenalkan Organisasi AAL dan Resimen AAL

oleh -187 views

 

Surabaya, (2/2).Memasuki hari keempat masa orientasi, 130 Taruna-Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat I Angkatan ke-69 tahun 2021 dikenalkan mengenai Struktur Organisasi AAL dan Resimen AAL yang disampaikan secara langsung oleh Komandan Resimen AAL Kolonel Laut (P) Arief Budiman, M. Tr.Opsla. di auditorium Mandalika, Komplek Ki Hadjar Dewantara, AAL, Selasa (2/2).

Sejak menjalani masa orientasi yang dibuka oleh Gubernur Akademi Angkatan Laut (Gubernur AAL) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) pada 30 Januari lalu, Kopral Taruna telah dikenalkan berbagai fasilitas pendidikan yang berada di kesatrian AAL Bumimoro, termasuk Peraturan Kehidupan dan Peraturan Khusus Taruna AAL serta Peraturan Dinas Dalam Khas TNI AL yang dibimbing oleh Pengasuh dan Taruna senior.

Danmen AAL juga menjelaskan kepada para Kopral Taruna makna semboyan AAL “Hree Dharma Shanty” (Malu berbuat Cela) yakni sifat ksatria yang mempunyai perasaan malu akan sesuatu perbuatan dan kejadian serta tindakan yang bertentangan dengan sumpah ksatria.

“Para Taruna akan menjalani pendidikan di AAL selama 3,5 tahun dengan metode pendidikan yang meliputi Pengajaran, Pelatihan dan Pengasuhan, selain itu kalian harus menjadi super tim bukan individu yang apatis melainkan kekompakan yang harus diutamakan,” pesan Danmen AAL.

Sementara itu Struktur Organisasi AAL dikenalkan oleh Kasubdit Pengajaran AAL, Letkol Laut (KH) Wahrobun yang dalam hal ini mewakili Dirdik AAL Kolonel Laut (P) Kemas M. Ikhwan Madani, S.Sos., M.Si. Ia menjelaskan tugas pokok AAL adalah melaksanakan pendidikan pertama perwira sukarela TNI AAL tingkat Akademi (Diploma IV).

Selain itu ia juga menjelaskan tentang visi dan misi AAL yaitu terwujudnya AAL yang mampu menghasilkan Perwira TNI AL yang Tanggap, Tanggon dan Trengginas, serta menyelenggarakan pendidikan dengan metode pengajaran, latihan dan pengasuhan (Jarlatsuh), menyelenggarakan evaluasi pendidikan dan memgembangkan pendidikan karakter.

728×90 Leaderbord

“Untuk mendukung visi dan misi tersebut maka disusun sebuah organisasi jabatan Direktorat Pendidikan Akademi Angkatan Laut (Ditdik AAL) yang menbawahi lima Sub Direktorat (Subdit), yakni Subdit Pengajaran, Subdit Latihan, Subdit Pengasuhan, Subdit Administrasi Pendidikan dan Subdit Perpustakaan,” ungkapnya.

Disetiap akhir pembekalan diadakan sesi tanya jawab bagi para Kopral Taruna yang baru saja masuk kesatrian AAL Bumimoro tersebut, dengan harapan mereka mengetahui gambaran tentang lembaga pendidikan AAL, tempat dimana mereka akan digembleng selama 3,5 tahun di kawah Candradimuka Bumimoro agar mejadi perwira TNI AL yang tangguh dan profesional.