Tata kelola lalu lintas dan parkir Jakarta Fair dinilai bermasalah

Nasional373 Dilihat

Tata kelola lalu lintas dan parkir Jakarta Fair dinilai bermasalah, sehingga pengunjung harus menghabiskan waktu hampir dua jam untuk bisa memasuki area Jakarta Fair.

Seorang pengunjung dari Tangerang bernama Wardah (25 tahun) yang diwawancarai oleh Beritasatu mengaku tiba di Jalan H Benyamin Sueb, Kemayoran, pukul 16.30 WIB, namun baru berhasil memarkirkan kendaraannya sekira pukul 18.30 WIB. “Macet parah, pengaturan parkir dan lalu lintasnya tidak teratur. Saya harus menunggu selama dua jam di tengah kemacetan menuju pintu masuk,” katanya pada Sabtu, 17 Juni 2023.

Penyebab kemacetan yang parah adalah karena banyaknya parkir liar di sekitar pintu masuk yang dikelola oleh ormas tertentu. Ratusan mobil dan sepeda motor dibiarkan diparkir sembarangan di sepanjang jalan menuju pintu masuk, sehingga menyempitkan ruang jalan. “Banyak parkir liar, ratusan. Ada motor dan mobil yang parkir di bahu jalan hingga membentuk tiga baris mobil. Yang mengherankan, tidak jauh dari situ ada polisi lalu lintas, tetapi dibiarkan begitu saja,” ujarnya.

Pengalaman serupa juga dialami oleh Irfan (45), seorang pengunjung Jakarta Fair dari Bekasi. Dia mengatakan bahwa ia terpaksa memarkirkan kendaraannya di bahu jalan karena kehabisan kesabaran setelah mengalami kemacetan selama lebih dari satu jam.

“Saya sudah menunggu lebih dari satu jam, tidak sampai-sampai. Ketika ada orang dengan seragam ormas yang menawarkan tempat parkir, saya memutuskan untuk memarkir kendaraan meskipun harus membayar parkir dengan harga lebih mahal,” ungkapnya.

Menurutnya, Jakarta Fair sudah memiliki pengalaman dalam menyelenggarakan acara ini setiap tahun, seharusnya mereka dapat mengatur lalu lintas dan parkir dengan lebih baik, tidak seperti malam ini. “Masyarakat seharusnya bisa senang dengan kembalinya Jakarta Fair, tetapi ini malah menyulitkan orang-orang,” keluhnya.

Berdasarkan pantauan Beritasatu.com hingga pukul 19.00 WIB, kemacetan dan antrean untuk memasuki PRJ masih terjadi, banyak pengunjung yang memutuskan untuk memutar arah kendaraan mereka, ada juga yang memilih untuk berjalan kaki dan memarkirkan kendaraan mereka jauh dari lokasi Jakarta Fair.

Diketahui, pada Sabtu, 17 Juni 2023, Panggung Utama Jakarta Fair menampilkan sejumlah band dan artis ternama, seperti Kangen Band, Radja, dan Black Queen. Tiket masuk pada akhir pekan berbeda dengan hari biasa, yaitu seharga Rp50.000, dan bagi mereka yang ingin menyaksikan konser, harus membayar Rp100.000.

PRJ sempat vakum selama dua tahun pada 2020-2021 karena pandemi Covid-19, dan baru dilaksanakan kembali pada tahun 2022. Dalam empat hari pertama, jumlah pengunjung telah mencapai 300 ribu orang. Puncak kunjungan terjadi pada Minggu, 12 Juni 2022, dengan jumlah pengunjung mencapai 105 ribu orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *