Teknologi komputasi awan atau cloud computing, diyakini sebagai mesin pendorong efektif bagi ekosistem 4.0

oleh -275 views

Teknologi komputasi awan atau cloud computing, diyakini sebagai mesin pendorong efektif bagi ekosistem 4.0 untuk menggerakkan kembali perekonomian nasional yang terkendala pertumbuhannya akibat pandemi Covid-19. Kehadiran teknologi komputasi awan juga dapat menjadi pendorong bagi industri untuk terus melakukan inovasi dan melakukan analisis akurat serta keputusan strategis yang tepat.

Ketua Asosiasi Cloud Computing Indonesia (ACCI) Alex Budiyanto, mengatakan, teknologi Cloud, Artificial Intelligent (AI), Machine Learning, Big Data Analytic, dan Internet of Things (IoT) dapat dipertimbangkan oleh industri sebagai solusi efektif bagi industri. Pasalnya, dengan teknologi ini, industri dapat melakukan berbagai inivasi di sektornya masing-masing.

“Hal itu juga akan membuat industri tetap bertahan dan berkembang di tengah berbagai tantangan, terutama pandemi Covid-19 saat ini,” kata Alex dalam konferensi virtual Cloud Computing Indonesia 2021, Selasa (16/3/2021).

Alex berharap, melalui konferensi ini makin membuka wawasan pelaku industri terkait dengan bagaimana mengoptimalisasi pemanfaatan teknologi digital agar mampu bertahan di masa pandemi dan beradaptasi dengan tuntutan era 4.0.

Vice President Public Affairs and Communications Huawei Indonesia, Ken Qi, mengungkapkan Huawei terus mendukung tranformasi digital, termasuk di sektor industri. Hal itu merupakan komitmen jangka panjang yang telah dibangun sejak Huawei memulai bisnis di Indonesia lebih dari 20 tahun silam.

Huawei, kata Ken, senantiasa mendukung optimalisasi penggunaan teknologi-teknologi yang menjadi solusi fundamental terselenggaranya transformasi digital di Indonesia, seperti Cloud, Big Data Analytic, AI, Machine Learning dan IoT.

“Kami secara aktif membangun kerja sama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, ratusan perguruan tinggi, pelaku industri, komunitas dan media untuk melakukan alih pengetahuan dan teknologi, serta mendukung transformasi digital di semua sektor industri, dari manufaktur, kesehatan, pendidikan, finansial, logistik, hingga sektor pemerintahan,” jelasnya.

728×90 Leaderbord

Dukungan itu, lanjut Ken, makin menguat selaras dengan semangat Indonesia dalam melakukan transformasi digital yang diejawantahkan melalui komitmen strategis Making Indonesia 4.0.

“Huawei juga meyakini bahwa Making Indonesia 4.0 menjadi katalisator tercapainya visi Indonesia menjadi negara yang berhasil memanfaatkan teknologi digital secara optimal sehingga mampu menjadi kekuatan ekonomi digital terdepan di dunia pada 2045,” ujar Ken.