Tempuh Jarak Ratusan Kilometer, Danrem 064/MY Dampingi Pangdam III/Siliwangi Monitoring Wilayah Lebak dan Pandeglang

Tempuh Jarak Ratusan Kilometer, Danrem 064/MY Dampingi Pangdam III/Siliwangi Monitoring Wilayah Lebak dan Pandeglang

Banten404 Dilihat

 

LEBAK,- Komandan Korem (Danrem) 064/MY Brigjen TNI Tatang Subarna mendampingi Panglima Kodam (Pangdam) III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo melakukan monitoring di wilayah Kodim 0603/Lebak dan Kodim 0601/Pandeglang.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari mulai Kamis (6/7) hingga Sabtu (8/7).

Di hari pertama, Danrem 064/MY bersama rombongan terlebih dahulu menyambut kedatangan Pangdam III/Siliwangi di batas wilayah Kabupaten Bogor dan Lebak.

Setelahnya kedua rombongan menjadi satu dan bersama-sama menuju Markas Dodiklatpur Rindam III/Slw Jl. Rangkasbitung – Cipanas, Desa Bungurmekar, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

Di sana, Pangdam III/Siliwangi menerima penyerahan 1000 sak semen secara simbolis untuk pembangunan daerah latihan Kodam III/Siliwangi di Desa Cibadak, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang dari PT Cemindo Gemilang.

Usai kegiatan di Dodiklatpur, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kodim 0601/Pandeglang. Di sana rombongan transit untuk beristirahat sejenak sebelum kembali melanjutkan perjalanan ke Tanjung Lesung. Kegiatan hari pertama kemudian ditutup dengan ramah tamah.

Pada Jumat (7/7), kegiatan dimulai dengan mengunjungi nelayan di Kampung Nelayan, Desa Cipanon, Kecamatan Panimbang. Di sana, Pangdam III/Siliwangi bersama Danrem 064/MY dan rombongan melakukan penanaman terumbu karang dan peninjauan keramba jaring apung di Pulau Liwungan.

Rombongan kemudian kembali melanjutkan perjalanan ke Desa Teluk, Kecamatan Labuan untuk menemui kelompok Nelayan. Di tempat tersebut, Pangdam III/Siliwangi mendengarkan secara langsung keluhan dari para nelayan dan memberikan solusi terbaik yang memicu tepuk tangan riuh dari para nelayan yang hadir.

Usai bertemu nelayan, rombongan lalu melanjutkan monitoring ke tambak udang yang berada di Mekarsari. Di sana Mayjen TNI Kunto Arief berbincang dengan pengelola tambak tersebut sebelum akhirnya kembali ke penginapan.

Setibanya di penginapan, rombongan bergegas untuk berganti pakaian, berolahraga ringan di sekitar pantai dan berfoto bersama hingga matahari terbenam di ufuk barat. Pada malam harinya, seluruh peserta kegiatan dihibur oleh penampilan debus yang ditunjukan oleh Babinsa Kodim 0602/Serang.

Dalam kesempatannya, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan kedatangannya ke wilayah Korem 064/MY adalah untuk memperkenalkan beberapa upaya Kodam dalam rangka peningkatan masyarakat pesisir berkaitan dengan teknologi.

“Berbagai teknologi itu diantaranya yakni mesin es batu yang bersumber dari air laut yang memiliki kapasitas tds hingga nol yang artinya saat dijadikan es batu tahan lama dan tidak mudah cair,” katanya.

“Selain itu kami membuat mesin penghasil garam dengan bahan bakar hanya air dan ranting dan kami membuat solar yang terbuat dari sampah,” sambung Pangdam III/Siliwangi.

Mayjen TNI Kunto Arief menjelaskan semua teknologi tersebut adalah untuk membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan setelah berjibaku dengan covid-19 dua tahun ke belakang.

“Bahasa saya intinya dengan masa Covid kemarin kita sudah klimaks di titik terendah. Jadi sekarang saatnya bagaimana meningkatkan kesejahteraan nelayan melalui teknologi dengan mengoptimalkan apa yang sebenarnya sudah ada,” terangnya.

Sementara itu, Brigjen TNI Tatang Subarna menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam III/Siliwangi beserta rombongan yang telah melakukan monitoring ke wilayah yang dipimpinnya.

Ia menyebut, Bapak Panglima adalah sosok yang luar biasa dan selalu memikirkan rakyat.

“Bapak Panglima sosok luar biasa. Beliau selalu memberi solusi melalui inovasi teknologi dan paling penting beliau selalu berada di tengah kesulitan rakyat. Terima kasih Bapak Panglima,” tandasnya.

Diketahui pada hari terakhir kegiatan monitoring wilayah, rombongan Korem 064/MY kembali mengantarkan rombongan Kodam III/Siliwangi ke perbatasan antara Provinsi Banten dan Jawa Barat yakni di Koramil 0603-16/Cilograng.

Turut mengikuti kegiatan monitoring wilayah, Ny. Mia Kunto Arief Wibowo (Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Siliwangi, Kasdam III/SLW, Irdam III/Slw, Kapoksahli, Asrendam III/Slw, Asintel Kasdam III/Slw, Asops Kasdam III/Slw, Aspers Kasdam III/Slw, Aslog Kasdam III/Slw, Dandenmadam III/Slw, Danpomdam III/Slw, dan Kazidam III/Slw.

Selain itu juga hadir Kahubdam III/Slw, Kakesdam III/Slw, Kakumdam III/Slw, Katopdam III/Slw, Kaajendam III/Slw, Kabintaljarahdam III/Slw, Liaison TNI AL, Kapaldam III/Slw, Waaster Kasdam III/Slw, Kapendam, Kasrem 064/MY, para Kasi Kasrem 064/MY, Kabalak jajaran Korem 064/MY dan Dandim jajaran Korem 064/MY.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *