Tetapkan Arah Kiblat Masjid Opu Daeng Manambon, Danlantamal XII Sujud Syukur

Daerah744 Dilihat

TNI AL, Lantamal XII,- Penghormatan terakhir seluruh Personel Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII kepada Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Dr. Suharto untuk menentukan arah kiblat dalam rencana pembangunan Masjid Opu Daeng Manambon di Mako Lantamal XII, Jalan Wajok Hilir KM 17, Kabupaten Mempawah, Jumat (16/06/2023).

Dalam rencana pembangunan Lantamal XII salah satunya akan didirikan Masjid sebagai sarana ibadah umat muslim di jajaran Lantamal XII dan masyarakat sekitar.

Pemberian nama Masjid Opu Daeng Manambon merupakan sebuah penghormatan pada kearifan lokal, Opu Daeng Manambon adalah Raja Pertama di Kerajaan Mempawah penyebar agama Islam di Kalimantan Barat pada tahun 1763.

Dalam sambutannya, Danlantamal XII menjelaskan “karena kita Makonya berada di Kabupaten Mempawah, maka salah satu penghormatan kita kepada Mempawah kita mengabadikan nama Opu Daeng Manambon sebagai simbol untuk perjuangan-perjuangan kita dalam meningkatkan ketakwaan dan keimanan kita kepada Allah Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang.”

Tujuan dari mengangkat kearifan lokal dalam memberi nama Masjid Opu Daeng Manambon ini merupakan salah satu cara agar TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal XII semakin dekat dengan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Mempawah.

(Dispen Lantamal XII)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *