The Sun mengungkapkan empat jenis aplikasi yang seharusnya membuat lonceng alarm bahaya berbunyi. Apa saja?

TEKNOLOGI211 Dilihat

Pakar dunia siber telah mengungkap tanda-tanda peringatan bahwa aplikasi Android yang sudah diunduh memiliki risiko tinggi, bahkan berpotensi disusupi program jahat atau malware.

Aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut bisa memata-matai Anda, membobol rekening di ponsel, atau mengubah perangkat Anda menjadi mesin penghasil uang untuk penjahat dengan mengorbankan kinerja masa pakai baterai perangkat.

Consumer Privacy Advocate di Comparitech, Paul Bischoff kepada The Sun mengungkapkan empat jenis aplikasi yang seharusnya membuat lonceng alarm bahaya berbunyi. Apa saja?

1. Mengunduh dari sumber tidak resmi
Mengunduh aplikasi dari luar Play Store resmi seringkali berakhir dengan malware di ponsel Android mereka. Toko saingan dan situs unduhan aplikasi tidak diperiksa oleh Google, jadi tidak ada jaminan bahwa apa yang Anda pasang sudah aman.

Jadi, berhati-hatilah saat mengunduh aplikasi dari mana saja selain Play Store. Jika Anda mengunduh aplikasi dari tempat lain, awasi terus aktivitasnya.

2. Meminta banyak izin
Aplikasi berbahaya juga kerap meminta banyak izin yang tidak diperlukan agar aplikasi mereka berfungsi, bahkan hingga ke bagian sensitif ponsel Anda.

Agar berfungsi dengan baik, wajar jika Uber memerlukan lokasi Anda dan Instagram memerlukan akses kamera. Namun jika aplikasi tampaknya menggunakan izin yang mencurigakan, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang dimata-matai.

Anda dapat masuk ke pengaturan privasi Android untuk melihat aplikasi mana yang memiliki akses ke izin sensitif. Anda dapat memblokir aplikasi yang mencurigakan tersebut agar tidak mengakses izin tersebut kapan saja.

3. Sedot banyak data
Jika suatu aplikasi menggunakan banyak data, memperlambat ponsel Anda dengan aktivitas yang menghabiskan banyak daya atau menguras baterai, itu pertanda buruk.

Ini sangat mengkhawatirkan jika terjadi di latar belakang, dan Anda tidak dapat mengetahui alasannya. Aplikasi ini mungkin melakukan aktivitas penipuan semacam di latar belakang, menghasilkan uang atas biaya Anda. Jadi, pertimbangkan untuk menghapus aplikasi yang melakukan ini.

4. Menyembunyikan pembuatnya
Jika sebuah aplikasi dengan sengaja menyembunyikan pembuatnya, itu adalah tanda peringatan. Dan jika Anda tidak dapat menghubungi mereka, Anda perlu mempertanyakan alasannya. Ini bisa menjadi tanda yang jelas bahwa aplikasi tersebut adalah scam atau melakukan semacam aktivitas kriminal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *