TIM AUDIT KINERJA ITKOLINLAMIL EVALUASI 2 SATKER

oleh -143 views

 

Jakarta, 4 Juli 2021,Satya Wira Jala Dharma. Tim audit kinerja Inspektorat Komando Lintas Laut Militer (Itkolinlamil) di bawah pimpinan Inspektur Kolinlamil Laksma TNI Frendy H Saragih membuka audit kinerja 2 satuan kerja lingkungan Kolinlamil di Rupat Itkolinlamil, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Baru baru ini.

2 satuan kerja yang dievaluasi kinerjanya tersebut diantaranya Disharkap dan Dismatbek. Evaluasi kinerja sektoral ini akan berlangsung selama kurang lebih 3 minggu mulai 1 sampai dengan 23 Juli 2021 ini akan menyasar bidang operasi latihan, umum dan perbendaharaan.

Irkolinlamil Laksma TNI Frendy Hotman Saragih dalam taklimat pembukaan audit kinerja tersebut mengatakan Inspektorat Kolinlamil selaku Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) memiliki kewenangan. Untuk melaksanakan kegiatan pengawasan melalui proses audit, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya terhadap penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi organisasi di satuan kerja jajaran Kolinlamil.

“Kegiatan ini terkait dengan aspek efisiensi, efektifitas dan ekonomis serta ketaatan dan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku,” jelasnya.

Kegiatan audit yang dilaksanakan dalam situasi masih mewabahnya Covid – 19 ini tentu harus memperhatikan prosedur protokol kesehatan. Sesuai dengan perintah Kasal untuk setiap kegiatan harus mengutamakan protokol kesehatan.

Meskipun audit ini tetap berjalan sesuai dengan tujuan pembinaan satker-satker jajaran Kolinlamil terhadap ketentuan yang belum sepenuhnya dipahami dan dilaksanakan. Sekaligus tim akan memberikan arahan dan saran terhadap permasalahan yang dialami obyek audit, guna diupayakan solusi pemecahan secara menyeluruh dalam mewujudkan dan meningkatkan kinerja Disharkap dan Dismatbek sehingga dapat tercapai sesuai program yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Arsyad Abdullah mengungkapkan tugas pokok Inspektorat Kolinlamil yang melaksanakan pengawasan dan mengontrol pelaksanaan program kerja di satuan-satuan pelaksana dan kerja Kolinlamil.

“Dengan audit kinerja oleh Inspektrorat Kolinlamil tentu akan meningkatkan fungsi pengawasan dan kontrol terhadap berbagai kegiatan yang dilaksanakan di satuan-satuan kerja Kolinlamil. Sehingga program kerja dan anggaran Kolinlamil dapat termonitor,” tutur Panglima Kolinlamil.

Panglima Kolinlamil menyatakan pada hakekatnya audit mengandung tiga makna strategis yang sangat berguna bagi satker-satker Kolinlamil di masa mendatang, antara lain audit kinerja merupakan wahana yang tepat untuk meneruskan atau meluruskan berbagai kebijakan dan arahan yang telah digariskan pemimpin.

“Melalui audit kinerja dapat disampaikan berbagai temuan dan koreksi yang perlu diantisipasi secara dini. Dalam upaya mengoptimalkan pembinaan dan audit kinerja merupakan sarana yang efektif. Untuk menampung aspirasi dan permasalahan yang menghambat pencapaian tugas untuk dapat diteruskan kepada Pangkolinlamil,”tuturnya.

Saat mengakhiri sambutannya, Irkolinlamil mengatakan, Tim audit kinerja adalah sebagai patner atau mitra yang membantu obyek audit dalam menangani permasalahan yang ada serta saran atas permasalahan yang ditemukan agar ditindaklanjuti sesuai rekomendasi Tim audit.

Dalam acara pembukaan itu, Tim audit diterima Kadisharkap Kolinlamil Kolonel Laut (T) Yudi Susilo dan Kadismatbek Kolinlamil Kolonel Laut (T) Rachmat Susanto.

Dalam sambutannya Kadisharkap menyampaikan keyakinannya bahwa dengan audit kinerja ini akan diperoleh masukan-masukan yang sangat berharga. Dalam upaya meningkatkan pembinaan di Disharkap dan Dismatbek pada khususnya serta Kolinlamil pada masa mendatang. (Dispen Kolinlamil)

No More Posts Available.

No more pages to load.