Tim Indonesia U-19 (Timnas U-19) menyerah 0-1 kepada Bosnia-Herzegovina U-19

oleh -239 views

Tim Indonesia U-19 (Timnas U-19) menyerah 0-1 kepada Bosnia-Herzegovina U-19 dalam laga uji coba di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Kroasia, Jumat (25/9/2020). Gol ke gawang Indonesia dalam laga ini terjadi saat bek Komang Tri melakukan gol bunuh diri.

Ini merupakan kekalahan ketiga dari enam pertandingan yang sudah dilakoni skuat yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 pada 2021 ini. Sebelumnya Garuda Muda sudah melakoni lima kali laga uji coba yakni melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1).

Sebelum laga ini, pelatih Timnas U-19,Shin Tae-yong, berkata bahwa dia akan melakukan rotasi pemain menghadapi Bosnia. Menurutnya rotasi dilakukan dengan bertujuan melihat perkembangan seluruh pemain saat tampil di lapangan.

Shin Tae-yong pun memenuhi janjinya melakukan rotasi. Dia pun menurunkan pemain yang sebelumnya tak pernah diturunkan dalam lima uji coba. Dia menurunkan kiperErlangga Setyo Saputra, gelandang Andre Oktiviansyah, serta strikerLincoln City U-18 Jack Brown.

Pada babak pertama, Bosnia-Herzegovina langsung melakukan tekanan. Indonesia pun berupaya mengimbangi melawan tim Eropa Timur ini.

Namun gawang Indonesia bobol pada menit ke-19. Bek Komang Tri melakukan bunuh diri saat mencoba menahan tendangan lawan. Skor 0-1 untuk Bosnia bertahan hingga babak pertama usai.

Gol berawal saat Bosnia mendapat tendangan bebas. Bola dieksekusi Ivan Basic dan mengenai Komang Tri sebelum masuk ke gawang.

728×90 Leaderbord

Pada babak kedua, Indonesia mencoba bangkit. Bosnia pun tetap melancarkan serangan, namun selalu bisa diredam pasukan Garuda Muda.

Indonesia sebenarnya sempat mendapatkan peluang untuk mengubah skor menjadi imbang. Namun salah satu peluang emas yang didapat Witan Sulaiman, gagal memmbuahkan gol lantaran bola hasil tendangannya melesat ke atas mistar.

Hingga peluit panjang dibunyikan skor tidak berubah 0-1 untuk keunggulan Bosnia.