Tim Penyelam Kopaska dan Dislambair Koarmada II Bantu Evakuasi Korban Banjir Kabupaten Tanah Laut

oleh -234 views

 

TNI AL, Koarmada II, Surabaya 16 Januari 2021.Menindaklanjuti perintah Pemimpin TNI AL dalam upaya memberikan bantuan baik logistik, peralatan dan personel untuk proses evakuasi korban bencana alam, Koarmada II telah mengirimkan prajurit Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Penyelam Dislambair untuk membantu proses evakuasi korban banjir yang terjadi di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Jumat (15/1/2021).

Data yang dihimpun oleh Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, sebanyak 21.990 jiwa terdampak banjir di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan akibat hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan air sungai di Kecamatan Pelaihari meluap dengan tinggi air sekitar 150 cm sampai 200 sentimeter yang merendam 6.346 unit rumah.

Menindaklanjuti dampak bencana alam tersebut, tepat pukul 23.16 Wita pesawat Cassa NC 212-200 Aviocar U 6215 TNI AL tiba di bandara TNI AU Lanud Samsudin Noor Banjarbaru dengan membawa Pasukan Khusus Koarmada II yaitu Tim Kopaska dan Tim Penyelam Dislambair yang lengkap dengan peralatan bantuan SAR yang meliputi 5 unit perahu karet, kompressor dan peralatan selam.

Dari tempat terpisah, Panglima Komando Armada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan menyampaikan “Koarmada II akan memberikan bantuan secara maksimal terhadap korban banjir yang terjadi di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan dengan mengirimkan pasukan yang memiliki keterampilan khusus menggunakan pesawat sehingga bisa sampai ke lokasi bencana dengan cepat untuk membantu proses evakuasi”, pungkas Panglima.

Panglima berpesan kepada seluruh prajurit yang melaksanakan bhakti sosial ke Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan untuk terus disiplin terhadap protokol kesehatan dalam melaksanakan tugas evakuasi korban banjir dilapangan guna mencegah penularan Covid-19.

(Sgt).

728×90 Leaderbord