Tim Puslitbang Polri Gelar FGD di Polres Kampar Tentang Pengguna Jalan Yang Berkeselamatan

oleh -153 views

 

Dnewsradio.com – Kampar – Senin siang (01/11/2021) sekira pukul 13.45 wib, bertempat di Aula Sanika Satyawada lantai 2 Polres Kampar dilaksanakan Forum Group Discussion (FGD) oleh Tim Puslitbang Polri, dalam rangka Optimalisasi Tingkat Pengguna Jalan yang Berkeselamatan, untuk mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran (Kamseltibcar) Lantas di Wilayah Jajaran Polda Riau.

Tim Puslitbang Polri ini dipimpin Ketua Tim Supervisi KBP F.X. Surya Kumara SH, MH didampingi Ketua Tim Peneliti KBP Saefuddin Mohamad SIK, anggota Tim terdiri dari AKBP Ir. Dadang Sutrasno dan Usman MA sebagai Konsultan serta dua orang staf. Untuk Tim Pendamping dari Polda Riau adalah Kabag Strajemen Birorena Polda Riau AKBP Osva SIK, M.Si beserta Afnar Meilyna SE dan dua orang staf.

Tim Puslitbang Polri tiba di Polres Kampar sekira pukul 13.30 wib, disambut langsung oleh Kapolres Kampar AKBP Rido Purba SIK, MH beserta Pejabat Utama Polres Kampar. Selanjutnya Tim didampingi Kapolres Kampar menuju Aula Sanika Satyawada Polres Kampar untuk melaksanakan FGD.

Peserta FGD dari Internal Polres Kampar sebanyak 10 orang terdiri dari Kasat Lantas Polres Kampar AKP Yulihasman S.Sos dan Para Kanit Satlantas serta Para Kanit Laka Polsek Jajaran.

Untuk Peserta Eksternal sebanyak 15 orang, utusan dari Dishub Kampar, Dinas PU Kampar, Dinas Pendidikan Kampar, Tenaga Pendidik / Guru PPKM, Sopir Bus/ Angkutan Umum, Komunitas Pemerhati Transportasi Publik, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Organda.

Acara diawali Kata Sambutan dari Kapolres Kampar AKBP Rido Purba SIK, MH yang menyampaikan Ucapan selamat datang kepada Tim Puslitbang Polri serta para undangan yang hadir untuk mengikuti kegiatan FGD ini.

Selanjutnya Arahan oleh Ketua Tim Supervisi Puslitbang Polri KBP F.X. Surya Kumara SH, MH, menyampaikan bahwa Tim Puslitbang Polri melakukan penelitian tentang pengguna jalan terkait dengan tingginya angka kecelakaan lalulintas guna dicarikan solusinya.

Metode penelitian berupa FGD dan kuisioner yang disebar kepada masyarakat, untuk mengetahui tingkat pemahaman serta kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalulintas, diharapkan para peserta dapat menyampaikan secara ril terkait survei ini.

Dalam penelitian ini Tim bekerjasama dengan konsultan dan akademisi, dan hasil penelitian ini nantinya akan diteruskan kepada Pimpinan Polri, sebagai bahan masukan untuk menentukan langkah kebijakan terkait masalah bidang lalulintas ini.

Berikutnya Arahan dari Ketua Tim Peneliti KBP Saefuddin Mohamad SIK, yang menyampaikan penjelasan tentang latar belakang dilaksanakannya penelitian tentang optimalisasi pengguna jalan yang Berkeselamatan.

Penelitian ini terdiri dari 2 tahap, yaitu meminta tanggapan atau pendapat masyarakat melalui kuisioner dan menggelar diskusi, hal ini untuk mengetahui penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas guna dicarikan solusinya dalam rangka menekan angka kecelakaan lalulintas serta mengurangi fatalitas korban lakalantas.

Selanjutnya dilaksanakan Forum Group Discussion (FGD), dimana para peserta dibagi dalam 2 kelompok, yaitu kelompok Internal dan Kelompok Eksternal dipimpin oleh Tim Puslitbang Polri.

Kegiatan FGD berakhir sekira pukul 16.00 wib, dan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan, untuk mencegah penyebaran Covid-19.
Sumber : Humas

( JHarianja )

No More Posts Available.

No more pages to load.