Tim Riset Sosial Satlat Hiu Latsitardanus XLI Bantu Kembangkan UMKM dan Pariwisata Binjai

oleh -98 views

 

AAL, Latsitardanus XLI (12/4).Pandemi Covid-19 tentunya sangat mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat di wilayah Kota Binjai. Salah satu yang terdampak adalah bidang pariwisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) didaerah tersebut.

Bupati Pesawaran

Maka berdasarkan latar belakang tersebut, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Angkatan ke-66 yang tergabung dalam Satuan Latihan (Satlat) Hiu, Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLI Tahun 2021 bersama Taruna Akmil, AAU, Akpol dan mahasiswa berinisiatif melakukan riset sosial dan menciptakan aplikasi Android ”Go-Binjai”.

Ha tersebut dikatakan Komandan Satlat (Dansatlat) Hiu, Mayor Marinir Rismanto Manurung M.Tr.Opsla. saat mendampingi Taruna Satlat Hiu dilokasi riset di Taman Edukasi Binjai, Jl. Sei Bangkatan Gg. Cempaka, Kelurahan Tanah Seribu, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatera Utara, Senin (12/4).

Menurutnya, aplikasi yang digagas Tim Riset Sosial Satlat Hiu tersebut, bertujuan untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi tentang Kota Binjai, terutama bidang pariwisata dan UMKM.

Kegiatan ini paparnya, sebagai bagian dari Bhakti TNI dalam membantu pemerintah daerah untuk percepatan pemulihan ekonomi di wilayah Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Binjai ini yang tentunya tidak luput dari imbas pandemic Covid-19.

Selain itu kegiatan ini, tambahnya, juga menjadi bagian dari pengabdian kepada masyarakat dari setiap Akademi Angkatan juga Universitas yang mahasiswanya terlibat dalam kegiatan Latsitardanus XLI 2021 ini.

728×90 Leaderbord

Dijelaskannya, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Pemko Binjai, tim Riset Sosial Satlat Hiu melakukan pengumpulan data, wawancara, serta dokumentasi di beberapa destinasi wisata di wilayah Kota Binjai.

“Adapun destinasi wisata yang akan menjadi sasaran penelitian antara lain Wisata Kurma, Sawah Lukis dan Taman Edukasi Binjai,” terangnya.

Melalui wawancara langsung dengan para pelaku usaha pariwisata dan UMKM di Kota Binjai ini, tim Riset Sosial mulai dapat mengidentifikasi permasalahan yang dialami oleh masing-masing destinasi wisata di Kota Binjai.

Di sela-sela kegiatan para Taruna juga melaksanakan bhakti sosial, pembagian masker KN95 dari Kementerian Pertahanan RI kepada para pekerja di lokasi wisata, serta masyarakat sekitar wilayah tersebut.

Kabagpen AAL,
Letkol Laut (KH) Rohman Arif, S.Sos.