Timnas Jerman membuka peluang lolos ke 16 besar setelah menang 4-2

oleh -683 views

Timnas Jerman membuka peluang lolos ke 16 besar setelah menang 4-2 atas Portugal pada lanjutan penyisihan Grup F Piala Eropa 2020, Sabtu (23/6/2021), di Stadion Allianz Arena, Muenchen.

Jerman sempat tertinggal oleh gol Cristiano Ronaldo. Namun pasukan Joachim Loew berhasil membalikkan keadaan melalui bunuh diri Ruben Dias dan Raphael Guerreiro serta gol Kai Havertz dan Robin Gosens. Portugal memperkecil ketinggalan melalui Diogo Jota.

Dengan hasil ini, Jerman pun menjaga asa lolos ke perdelapan final. Saat ini pasukan Joachim Loew berada di posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan nilai tiga sama dengan Portugal. Prancis masih memimpin dengan raihan empat poin setelah secara mengejutkan hanya bermain imbang melawan Hungaria.

Dalam laga terakhir grup yang digelar serentak pada 23 Juni, Jerman akan menghadapi Hungaria dan Portugal bertemu Prancis.

Melawan Jerman, pelatih Portugal, Fernando Santos, mengusung formasi 4-2-3-1. Dia tetap mengandalkan Cristiano Ronaldo untuk menjebol gawang Jerman. Striker Juventus ini ditopang tiga pemain yakni Bernardo Silva, Bruno Fernandes, dan Diogo Jota.

Pepe dan Ruben Dias mengawal jantung pertahanan didamping Nelson Semedo di kanan serta Raphael Guerreiro di kiri. William Carvalho dan Danilo Pereira menjadi gelandang jangkar di depan empat bek. Penjaga gawang diisi Rui Patricio.

Sementara di kubu Jerman, pelatih Joahim Loew, menurunkan formasi 3-4-2-1. Serge Gnabry kembali menjadi ujung tombak tunggal dan didukung Kai Havertz dan Thomas Mueller di belakangnya.

Loew menempatkan tiga pemain di lini belakang yakni Matthias Ginter, Mats Hummels, dan Antonio Rüdiger untuk melindungi kiper Manuel Neuer. Sementara empat pemain di lini gelandang dipercayakan kepada Joshua Kimmich, Ilkay Gundogan, Toni Kroos, dan Robin Gosens.

Jerman sebenarnya mampu menjebol gawang Portugal pada menit keenam. Namun gol yang dicetak Robin Gosens ini dianulir lantaran Serge Gnabry dianggap terperangkap offside setelah wasit Anthony Taylor meminta bantuan VAR.

Jerman kembali merepotkan lini belakang Portugal pada menit kesembilan ketika Gnabry berhasil merangsek ke pertahanan lawan. Namun bola berhasil disapu pemain belakang Portugal, Danilo.

Meski mendominasi pengusaan bola, Jerman justru kebobolan lebih dulu. Lewat sebuah serangan balik, Diego Jota berhasil menerima umpan jarak jauh Bernardo Silva dan menyisir sisi kanan pertahanan Jerman. Dia menembak bola ke arah gawang. Cristiano Ronaldo yang sudah menunggu dengan mudah menceploskan bola ke gawang.

Jerman berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-35. Gol berawal dari tembakan kaki kiri Robin Gosen menyambut umpan. Kai Havertz yang berada di depan gawang dengan tenang membobol gawang Portugal meski dalam penjagaan bek Ruben Dias. Meski demikian gol pertama Jerman ini dianggap sebagai bunuh diri Ruben Dias karena bola tembakan Havertz mengenai tubuh bek Manchester City tersebut.

Empat menit kemudian Jerman berbalik unggul. Aksi menyerang pasukan Loew kembali membuat lini belakang Portugal kerepotan. Sebuah tendangan Joshua Kimmich membuat bek Raphael Guerreiro harus membuat gol bunuh diri. Skor 2-1 untuk keunggulan Jerman bertahan hingga babak pertama usai.

Jerman memasuki babak kedua dengan mengambil inisiatif menyerang meski sudah unggul. Barisan lini depan mereka terus membahayakan gawang Portugal.

Tim Panser akhirnya mampu menambah keunggulan menjadi 3-1 melalui Kai Havertz pada menit ke-51. Gol berawal dari umpan Thomas Mueller ke sayap kiri. Robin Gosens menyambutnya dengan memberikan umpan ke depan gawang. Kai Havertz menyambut umpan itu dan melesakkan bola ke gawang dan membuat kiper Rui Patricio tak berdaya.

Sembilan menit kemudian, Jerman kembali mempebesar keunggulan melalui gol Robin Gosens. Gol berawal dari umpan Joshua Kimmich dari sayap kanan. Robin Gosens yang tak terkawal menyambutnya dengan sundulan di depan gawang Portugal. Kiper Rui Patricio pun kembali tak berdaya.

Portugal memperkecil ketinggalan menjadi 2-4 melalui aksi Diogo Jota pada menit ke-67. Gol berawal umpan dari tendangan bebas yang disambut sundulan tipis Jota. Bola kemudian lepas dan disambut Cristiano Ronaldo dengan mengarahkan bola ke depan gawang. Bola kemudian teruskan Jota yang merobek gawang Jerman.

Skor 4-2 untuk keunggulan Jerman bertahan hingga pertandingan usai. Jerman akan bertemu Hungaria dalam partai terakhir, 23 Juni mendatang.

No More Posts Available.

No more pages to load.