Timnas sepak bola Indonesia akan mengevaluasi keikutsertaannya dalam turnamen Piala AFF lantaran merasa kerap dicurangi oleh keputusan wasit

 Timnas sepak bola Indonesia akan mengevaluasi keikutsertaannya dalam turnamen Piala AFF lantaran merasa kerap dicurangi oleh keputusan wasit

Olahraga219 Dilihat

Timnas sepak bola Indonesia akan mengevaluasi keikutsertaannya dalam turnamen Piala AFF lantaran merasa kerap dicurangi oleh keputusan wasit. Hal tersebut disampaikan Manajer Timnas Indonesia, Sumardji, saat tiba di Indonesia seusai mengikuti Piala AFF 2023 di Thailand, Minggu (27/8/2023).

“Kalau wasit, jujur saja kemarin itu ada beberapa hal yang menjadi catatan kita. Jujur saja, mungkin perlu kita evaluasi bagaimana keikutsertaan kita di Piala AFF,” ujar Sumardji.

Manajer Timnas Sepak Bola Indonesia, Sumardji
Manajer Timnas Sepak Bola Indonesia, Sumardji

Di kesempatan yang sama, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (STY) juga mengungkapkan kekesalannya terkait keputusan wasit yang dinilai merugikan sepanjang turnamen Piala AFF 2023 bergulir di Thailand.

“AFF ini diadakan karena tujuan baik, friendly match, jadi biar ada perkembangan sepak bola di ASEAN, tetapi saya masih bingung kenapa wasit menghancurkan pertandingan yang tujuannya baik seperti itu,” ujar Shin Tae-yong.

STY menambahkan, ia cukup kesal dengan keputusan wasit yang dinilai lebih menguntungkan Malaysia saat bertemu dengan anak asuhnya di babak penyisihan. STY menilai wasit menguntungkan Malaysia dengan memberikan penalti, sehingga Timnas Indonesia harus kalah dari Malaysia pada laga pembuka penyisihan grup dengan skor 2-1.

Kekesalan STY terhadap keputusan wasit juga terjadi pada partai puncak saat Timnas Indoenesia melawan Vietnam. Keputusan wasit yang memberikan penalti kepada Vietnam dinilai tak layak, meskipun tendangan penalti tersebut dapat ditepis oleh penjaga gawang Timnas Indonesia, Ernando Eri.

Indonesia akhirnya menjadi runner-up Piala Piala AFF U-23 setelah menyerah kepada Vietnam lewat adu penalti, dengan skor 5-6 pada Sabtu (26/8/2023) malam. Adu penalti harus digelar lantaran dalam pertandingan 90 menit ditambah extra time kedua tim bermain imbang 0-0.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *