Timnas Sepakbola Indonesia Segera Lakukan TC, Ketum KOI Apresiasi dan Optimis Indonesia Menang

Olahraga234 Dilihat

 

Jakarta – Pelatih Timnas Sepakbola Indonesia, Shin Tae-yong, menyampaikan bahwa skuad Garuda bakal menjalani pemusatan latihan (TC) mulai Senin, 5 Juni 2023 ini. TC tersebut dilakukan guna menghadapi FIFA Matchday melawan Timnas Palestina dan juara dunia Argentina.

“Saya senang, Timnas mendapat dua lawan sepadan dalam FIFA Matchday. Ini penting untuk menguji kekuatan Indonesia. Palestina tim kuat. Apalagi Argentina, juara dunia dan banyak pemain bintang di skuad itu,” ucap Shin Tae-yong dilansir dari laman resmi PSSI, Kamis, 25 Mei 2023, lalu.

Shin Tae-yong juga menyampaikan uca terima kasih kepada Ketua Umum PSSI, Erick Tohir, yang berhasil mengundang Timnas Argentina untuk bertandang dan bertanding dengan Timnas Nasional asuhannya. “Saya juga ucapkan terima kasih kepada Pak Erick Thohir akhirnya bisa datangkan Tim Argentina. Luar biasa Pak Erick,” lanjut Shin Tae-yong.

Laga melawan Palestina bakal dihelat di stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Sementara untuk pertandingan melawan Argentina akan dilaksanakan di stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Shin Tae-yong juga sudah mempersiapkan sejumlah nama yang masuk dalam susunan pemain. Saat ini pelatih asal Korea Selatan itu sudah memanggil sejumlah nama pemain yang bakal melakoni FIFA Matchday.

Timnas Indonesia bakal menurunkan kekuatan penuh karena para pemain yang berkiprah, baik di luar negeri dan dalam negeri akan dilepas oleh masing-masing klub karena masuk kalender FIFA. Tahun ini Timnas Indonesia bakal disibukkan dengan sejumlah pertandingan. Setelah menghadapi Palestina dan Argentina, skuad asuhan Shin Tae-yong bakal melakoni FIFA match day pada tanggal 4-12 September mendatang.

Lalu dilanjutkan pada putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 9-17 Oktober. Jika berhasil lolos dari putaran pertama, Indonesia akan diagendakan melakoni putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 16-21 November.

Sementara Indonesia juga bakal berlaga di Piala Asia Qatar 2023 pada 12 Januari-10 Februari 2024 mendatang. Agenda Timnas yang padat! Mudah-mudahan seluruh anggota skuad Timnas Indonesia selalu sehat, fit, dan penuh semangat juang di semua laga yang sudah dijadwalkan.

Di tempat terpisah, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (Ketum KOI), Raja Sapta Oktohari, menyampaikan dukungannya atas persiapan perhelatan laga Indonesia melawan Palestina dan Argentina. “KOI sangat apresiasi dan mendukung penuh setiap langkah persiapan yang dilakukan pelatih bersama Tim Nasional Sepakbola Indonesia dalam rangka FIFA Matchday melawan Palestina dan Argentina. Ini akan jadi sejarah baru bagi Indonesia, bisa bermain melawan skuad nomor 1 dunia, Argentina,” ucap Bang Okto, demikian sapaan akrabnya, Jumat, 1 Juni 2023.

Terkait peluang Timnas Indonesia, Okto optimis Indonesia bisa mengimbangi permainan lawan tanding nanti, baik Palestina maupun Argentina. Apalagi, katanya, Timnas Indonesia bermain di kendang sendiri sehingga secara mental dan semangat bertanding pasti lebih tinggi dari pemain lawan.

“Timnas pasti lebih diuntungkan dari banyak sisi ketika bermain di tanah air, antara lain soal kondisi lapangan yang sudah familiar, cuaca dan suhu udara Indonesia yang bagi orang asing tentunya menjadi masalah tersendiri, dan supporter militan Indonesia yang pasti memenuhi stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan Gelora Bung Karno Jakarta saat pertandingan nanti. Ditambah lagi kita masih dalam suasana sangat bersemangat usai mendapatkan kemenangan gemilang di SEA Games Kamboja baru-baru ini. Itu semua dapat menjadi motivasi bagi Timnas Indonesia untuk memenangkan kedua pertandingan nanti,” ujar Ketum KOI ini penuh semangat. (TIM/Red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *