TINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS, KOLINLAMIL GELAR LATIHAN FUNGSI INTELIJEN

Nasional522 Dilihat

 

Berita Kolinlamil TNI AL, 6 Juni 2023 ——- Sense of intelligence merupakan faktor yang sangat penting bagi personel intelijen dalam memperoleh bahan keterangan dan mengolah informasi menjadi produk intelijen yang dapat digunakan Pimpinan untuk menentukan suatu keputusan. Dalam rangka meningkatkan kemampuan melakukan kegiatan intelijen, Kolinlamil menggelar Latihan Fungsi Intelijen Triwulan II tahun 2023 yang dibuka langsung oleh Asisten Intelijen Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (T) Ariyadi di gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (6/6).

Latihan dengan tema “Meningkatkan Profesional Personel Kolinlamil dalam Mendukung Kegiatan dan Operasi” ini bertujuan untuk membekali pengetahuan intelijien bagi prajurit Kolinlamil agar dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diterima dalam mendukung kegiatan di satuan tugasnya khususnya dalam hal pengamanan personel, material, dokumen dan kegiatan. Peserta latihan juga dibekali pengetahuan tentang Roda Perputaran Intelijen (RPI) yang didalamnya terdapat proses analisa.

Diharapkan dengan pembekalan pengetahuan kemampuan analisa intelijen, peserta latihan yang terdiri dari Bintara/Tamtama Remaja dan Babinpotmar Kolinlamil akan memiliki tambahan wawasan dan kemampuan analisis yang cermat dan berkualitas terhadap setiap permasalahan yang timbul di tengah-tengah masyarakat, serta mampu mengaplikasikannya secara komprehensif di wilayah penugasan untuk membantu Pimpinan atau Komandan dalam rangka pengambilan keputusan dan penentuan kebijakan.

Dalam sambutannya Asintel Pangkolinlamil menyampaikan bahwa latihan fungsional intelijen ini menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan sense of intelligence prajurit Kolinlamil. Kegiatan intelijen tidak semudah melihat suatu kejadian atau peristiwa yang langsung dapat disimpulkan akan tetapi harus melalui mekanisme proses pengolahan intelijen yang sistematis dan terus-menerus. “Saya berharap seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan dan pembekalan ini dengan serius dan bersungguh-sungguh sehingga nantinya dapat dijadikan bekal dalam pelaksanaan tugas di satuannya masing-masing dan mampu menghasilkan ide-ide maupun gagasan yang dapat membangun TNI AL di masa yang akan datang.” ujar Asintel Pangkolinlamil

Melalui Asintel Pangkolinlamil, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han, M.H. menitipkan pesannya agar Latihan Fungsional Intelijen di lingkungan Kolinlamil dapat dimanfaatkan dengan baik sebagai wahana untuk melatih jajaran Kolinlamil dalam merespon perkembangan lingkungan strategis baik pada tataran global, regional dan nasional yang semakin kompleks. Hal tersebut selaras dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa Prajurit TNI AL harus selalu tingkatkan kesiapan operasional, baik alutsista maupun satuan-satuan operasi diikuti dengan peningkatan kemampuan (capability) dalam menjawab panggilan tugas yang saat ini selalu berkembang secara dinamis. (Dispen Kolinlamil)

#kasal
#tni_angkatan_laut
#jalesvevajayamahe
#indonesiannavy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *