TINGKATKAN KERJASAMA ANTAR ANGKATAN LAUT, PANGLIMA KOLINLAMIL TERIMA KUNJUNGAN KAPAL PERANG BELANDA HNLMS TROMP (F803)

TINGKATKAN KERJASAMA ANTAR ANGKATAN LAUT, PANGLIMA KOLINLAMIL TERIMA KUNJUNGAN KAPAL PERANG BELANDA HNLMS TROMP (F803)

 

Berita Kolinlamil TNI AL, 15 Mei 2024 ——- Dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama antara Indonesia dan Belanda, khususnya dalam hal ini TNI Angkatan Laut dengan Royal Netherlands Navy (RNLN). Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo, PSC(j)., M.A., M.M.S., CHRMP menerima kunjungan kehormatan Kepala Staf Angkatan Laut Belanda (Chief of Navy of the Royal Netherlands Navy), Vice Admiral Rene Tas dengan menggunakan Kapal Perang Belanda HNLMS Tromp (F803), bertempat di Dermaga JICT 2 Tanjung Priok Jakarta Utara, Rabu (15/5). Kunjungan kehormatan Kepala Staf Angkatan Laut Belanda ini turut pula dihadiri oleh Duta Besar Kerajaan Belanda Untuk Indonesia, His Excellency (H.E) Lambert Grijns, Asisten Komunikasi dan Elektronika Pangkoarmada RI Laksamana Pertama TNI Ilham Army Ritonga, S.H., Danlantamal III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. serta Atase Pertahanan Belanda Colonel Norbert Moerkens.

Kunjungan kehormatan Chief of Navy of the Royal Netherlands Navy, Vice Admiral Rene Tas ke Jakarta disambut dengan jajar kehormatan, diikuti dengan penggalungan bunga dan persembahan tarian tradisional cendrawasih. Dalam kesempatan tersebut, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Hudiarto Krisno Utomo menyambut hangat Chief of Navy of the Royal Netherlands Navy bersama Komandan Kapal Perang Belanda HNLMS Tromp (F803) Yvonne Van Beusekom. Panglima Kolinlamil menyampaikan Indonesia dan Belanda mempunyai sejarah yang panjang dan kaya yang telah membentuk Indonesia dan Belanda menjalin ikatan yang terus bertahan hingga saat ini. Kerja sama ini, mencakup berbagai sektor termasuk kemitraan dan keamanan maritim. Melalui kolaborasi ini, telah membangun hubungan Indonesia dan Belanda menjadi kuat dan langgeng.

“Saat Anda memulai kunjungan ke Jakarta, Ibu Kota Indonesia, kami berharap anda memiliki kesempatan untuk merasakan perpaduan unik antara sejarah, budaya, dan keindahan alam yang ditawarkan oleh negara kami. Kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas komitmen berkelanjutan Angkatan Laut Belanda terhadap keamanan maritim dan kerja sama di kawasan. Kehadiran Anda di sini hari ini merupakan bukti kuatnya ikatan antara kedua negara dan rasa saling percaya serta rasa hormat yang terjalin di antara Angkatan Laut kita” ungkap Panglima Kolinlamil dalam amanatnya.

Dipenghujung acara dilaksanakan saling tukar menukar cinderamata. Dengan kunjungan yang dilaksanakan hari ini, semoga semakin mempererat hubungan kedua negara yang selama ini telah terjalin dengan baik dalam memelihara kerjasama di bidang pertahanan dan keamanan maritim. (Dispen Kolinlamil)