TINGKATKAN KUALITAS PRAJURIT KOMLEK, PERSONEL KOLINLAMIL IKUTI KURSUS OPERATOR RADIO TRUNKING

oleh -60 views

 

Jakarta, 16 November 2021 ,Satya Wira Jala Dharma. Prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengikuti kursus Operator Teknis Trunking yang digelar Dinas Komunikasi dan Elektronika TNI Angkatan Laut (Diskomlekal) di Workshop Hytera, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (16/11).

Kegiatan ini juga diikuti prajurit Komlek dari Koarmada I, Kormar dan Lantamal III.

Dijadwalkan kursus ini yang dibuka pada Senin (15/11) akan berlangsung hingga 19 November 2021 mendatang.
Kadiskomlekal Laksma TNI Joko Edi Supriyanto dalam sambutannya menyatakan bahwa penggunaan sistem komunikasi dengan menggunakan teknologi gelombang radio frekuensi HF, merupakan sistem komunikasi mandiri. Dalam artian tidak tergantung pada operator penyedia jasa telekomunikasi.

Sistem komunikasi radio trunking merupakan salah satu bagian dari sistem komunikasi yang memiliki beberapa kelebihan diantaranya, mempunyai tingkat keamanan yang cukup tinggi karena mengunakan teknologi digital yang sulit untuk disadap. Sistem ini dapat dimanfaatkan secara bersama-sama sejumlah kecil jalur komunikasi (radio channel) dalam sebuah sistem oleh sejumlah besar pemakai yang tergabung dalam sistem tersebut. Selain memiliki fleksibilitas karena dapat diintegrasikan dengan teknologi DMR maupun analog.

Untuk mengoptimalkan komunikasi tersebut TNI AL secara bertahap melakukan migrasi dari radio berbasis teknologi analog menuju radio berbasis teknologi digital.

Dan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas personel operator radio, diselenggarakan kursus operator teknis radio trunking tahun 2021.

“Untuk mengoptimalkan komunikasi tersebut, TNI AL secara bertahap melengkapi sarana komunikasi radio HF yang dilengkapi fitur Automatic Link Establishment atau ALE, yang mempunyai kemampuan memilih kanal frekuensi yang disesuaikan dengan hasil prediksi berdasarkan lokasi radio dan perubahan propagasi dari waktu ke waktu,” terang Laksma TNI Joko Edi Supriyanto.

Dengan adanya kegiatan penyegaran dan sosialisasi ini, kualitas para personel yang bertugas sebagai Operator Radio bisa meningkat dan semakin profesional.

“Karenanya laksanakan kegiatan ini dengan penuh semangat dan dedikasi yang dilandasi disiplin tinggi, penuh rasa tanggung jawab dan profesional. Sehingga tujuan dan sasaran kegiatan dapat tercapai secara efektif dan efisien,” tandasnya.

Turut hadir secara virtual dalam pembukaan kursus operator Radio Trunking 2021 para Kadiskomlek Kotama yang berada di Jakarta. (Dispen Kolinlamil)

No More Posts Available.

No more pages to load.