Tingkatkan Layanan Keswa, Puskesmas Ciawi dan RSMM, Latih 25 Kader yang Didukung Dinkes dan Dinsos Kab. Bogor

oleh -126 views

 

DNEWSRADIO.COM – Rabu, 06 Maret 2019, pkl 09.00 WIB, bertempat di Aula Lantai 2, Puskesmas Ciawi yang terletak di Jl. KHR. Moch. Toha No. 387 Desa Bendungan Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor, tampak Ibu-ibu duduk rapih guna mengikuti kegiatan Refreshing Kader Kesehatan Jiwa yang di selenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor melalui Puskesmas Ciawi.

Bupati Pesawaran

Puskesmas Ciawi yang di pimpin oleh drg. Belinda Wildani, sebagai Kepala Puskesmas dan dr. Tina Yustiniarsih, sebagai Pemegang Program Keswa, memiliki 5 wilayah kerja yaitu : Desa Ciawi, Bendungan, Banjarwaru, Pandansari, Bitungsari, saat ini sudah mempunyai Poli Kesehatan Jiwa (Pelayanan Prioritas ODGJ), yang buka tiap Senin s.d Jumat, yang sampai saat ini sudah melayani 76 ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) dan 8 ODGJ diantaranya dirujuk untuk mendapatkan perawatan di RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor.
Puskesmas Ciawi juga memiliki layanan keswa lainnya seperti Ngalongok ODGJ (Home Visite), Pendampingan Psikiater dan Evakuasi ODGJ, dengan Motto : Sinergitas Kesehatan Jiwa Puskesmas Ciawi, Stop Stigma, Stop Pasung dan Peduli ODGJ.

Refreshing Kader Kesehatan Jiwa, diikuti oleh sedikitnya 25 Kader dari berbagai desa di wilayah kerja puskesmas ciawi, dengan narasumber Iyep Yudiana , SKM. MKM., yang membawakan materi tentang Peran Kader Dalam Kesehatan Jiwa, yang disertai dengan Simulasi Wawancara Keluarga Sehat Jiwa dan Game Interaktif tentang peran kader keswa yang di bantu oleh Pendamping ODGJ Dinas Sosial Kabupaten Bogor.

Harapan Puskesmas Ciawi yang disampaikan adalah, memiliki layanan jiwa yang prima, ditunjang fasilitas layanan dan obat yang lengkap, sehingga ODGJ bisa pulih dan mandiri.
Kegiatan Refreshing Kader Kesehatan Jiwa ini bisa terselenggara karena adanya kerjasama anntara Dinkes Kab. Bogor melalui Puskesmas Ciawi bersama Dinsos Kab. Bogor melalui Forum Pendamping ODGJ bersama RSMM.