TINGKATKAN PROFESIONALISME PRAJURIT, UNSUR KRI KOLINLAMIL LAKSANAKAN LATIHAN TACMAN

oleh -67 views

 

Jakarta, 15 Januari 2022 ———- Tiga kapal perang unsur Satuan Lintas Laut Militer 2 menggelar latihan tactical maneuver (Tacman) tanpa manuver di Dermaga Ende, Ujung, Surabaya, Jumat (14/1). Ketiga KRI tersebut adalah KRI Teluk Bintuni-520, KRI Teluk Youtefa-522 dan KRI Teluk Parigi- 539.

Latihan ini digelar untuk meningkatkan profesionalisme dan kerja sama antar unsur serta kewaspadaan tinggi terhadap suatu ancaman pada saat melaksanakan operasi laut.

“Dalam latihan manuver taktis tersebut, ketiga unsur KRI ini melaksanakan simulasi membentuk formasi untuk menghadapi beberapa simulasi ancaman dari kapal musuh ataupun pesawat udara musuh sebagai pendukung aksi-aksi pertahanan dan counter attack dalam konteks peperangan laut.” ujar Dansatlinlamil 2 Kolonel Laut (P) Muhammad Nizarudin yang meninjau latihan tersebut. Dalam latihan ini para prajurit KRI di-refresh kembali kemampuannya dalam melakukan latihan pengiriman dan penerimaan berita taktis menggunakan Buku Induk Manuver Armada (BIMA – 01).

“Latihan pengiriman dan penerimaan berita taktis dipraktekkan langsung oleh anak buah kapal (ABK) ketiga KRI tersebut. Latihan bersama tiga unsur KRI yang dilaksanakan ini di samping menguji kesiapsiagaan operasi dan melatih uji terampil dari para prajurit KRI, sekaligus untuk menjaga semangat prajurit pengawak KRI dalam melaksanakan tugas operasi khususnya dukungan angkutan laut militer.” jelasnya.

Sementara itu, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma mengatakan setiap manuver kapal dalam suatu satuan ataupun gugus tugas dilaksanakan dengan tujuan untuk secepatnya menempati posisi yang menguntungkan untuk melaksanakan penyerangan ataupun pertahanan.

“Sehingga seluruh aksi peperangan yang diawali dengan suatu manuver harus dilaksanakan dengan cepat dan dengan akurasi yang tinggi agar tidak kehilangan momentum.” imbuhnya. (Dispen Kolinlamil)

No More Posts Available.

No more pages to load.