Tingkatkan Rasa Nasionalisme dan Disiplin, Pangkalan TNI Angkatan Laut Palembang Laksanakan Upacara Bendera Tujuh Belasan

Daerah676 Dilihat

 

TNI AL, Palembang,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih setiap tanggal 17, bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Palembang, Rabu (17/05/2023).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Komandan Lanal Palembang Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan diwakili oleh Palaksa Lanal Palembang Letkol Laut (P) Yusan Taufik. Pada sambutannya, Palaksa Lanal Palembang membacakan amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., menyampaikan ucapan terima kasih serta apresiasi yang tinggi atas kerja keras, loyalitas dan dedikasi yang telah ditunjukan oleh seluruh Prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut dalam pelaksanaan tugas yang diamanatkan oleh negara dapat kita laksanakan dengan baik.

Dalam dunia yang terus berkembang ini, tantangan yang kompleks dan beragam akan terus muncul. Konflik keamanan di kawasan, isu perubahan iklim, ancaman terorisne dan krisis kemanusian menjadi bagian dari tantangan regional maupun global yang harus kita hadapi. Disisi lain, pada level nasional, kita juga dihadapkan pada berbagai permasalahan yang mempengaruhi kehidupan maupun pelaksanaan tugas kita sehari-hari.

Tatkala menghadapi situasinasional dan dunia saat ini, kita perlu bersikap bijak dan bertindak secara efektif. Pertahanan dan keamanan negara harus tetap menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh Prajurit dan PNS dan TNI Angkatan Laut Untuk terus meningkatkan profesionalisme demi mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh.

Disisi lain, ketika menyikapi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara kita harus senantiasa menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa. Ditengah perbedaan yang ada hendaknya kita saling melengkapi dengan nenghargai kebhinekaan dan memupuk semangat gotong-royong. Kita harus terus menjaga soliditas dan sinergitas tidak hanya di lingkungan TNI-Polri tapi juga dengan instansi pemerintahan, serta elemen masyarakat lainnya.

Kehadiran Angkatan Laut harus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar serta dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada. Hal ini telah kita buktikan dengan membangun Kampung Bahari Nusantara sebagai wadah pembinaan masyarakat maritim dalam membantu mengatasi berbagai permasalahan khususnya di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, pariwisata dan pertahanan. Kita harus mampu menjadi TNI Angkatan Laut yang mencintai rakyat dan juga dicintai oleh rakyat.

Diakhir amanatnya, Kepala Staf Angkatan Laut memberikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas, pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral yang kokoh dalam menjalankan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara. Kedua, pedomani Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta Panca Prasetya Korpri bagi PNS dalam kehidupan keseharian kita. Hindari segala bentuk pelanggaran yang dapat merugikan diri sendiri serta mencoreng nama baik institusi TNI Angkatan Laut. Ketiga, tetaplah waspada dan mawas diri terhadap perubahan dan perkembangan lingkungan sekitar. Implementasikan upaya deteksi dini terhadap situasi dan kondisi yang berpotensi mengancam pertahanan dan stabilitas keamanan nasional. Keempat, bijaklah dalam merespon berbagai informasi yang tersebar di media sosial. Hindari keterlibatan dalam penyebaran berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya yang dapat memicu kegelisahan dikalangan masyarakat. Kelima, pertahankan dan tingkatkan reputasi positif TNI Angkatan Laut melalui peningkatan soliditas dan sinergi antara TNI/Polri, aparatur pemerintahan serta masyarakat umum. Junjung Tinggi netralitas dengan tidak terlibat dalam politik praktis menjelang tahun politik 2024.

Ditempat terpisah Komandan Lanal Palembang mengatakan, tujuan dilaksanakannya Upacara Bendera Merah Putih yang kita laksanakan setiap tanggal 17 bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme, pengabdian, tanggungjawab, meningkatkan disiplin serta memperkokoh kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh prajurit dan PNS Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang.

Upacara berlangsung khidmat, diikuti oleh seluruh Perwira Staf, Prajurit dan PNS di lingkungan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palembang.

(Pen Lanal Palembang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *