Tiongkok telah mengonfirmasi kasus pertama dari varian baru Covid-19

oleh -567 views

Tiongkok telah mengonfirmasi kasus pertama dari varian baru Covid-19 yang baru-baru ini terdeteksi di Inggris, pada Kamis (31/12).

Seperti dilaporkan AFP. pejabat kesehatan mengatakan vaian baru, yang menurut para ahli berpotensi menyebar lebih cepat daripada varian aslinya, telah mendorong pembatasan perjalanan di Inggris oleh lebih dari 50 negara – termasuk Tiongkok, tempat virus korona pertama kali muncul akhir tahun 2019.

“Pasien pertama di Tiongkok dengan varian baru adalah seorang wanita berusia 23 tahun dari Shanghai yang tiba dari Inggris pada 14 Desember,” kata Pusat Pengendalian Penyakit Tiongkok (CDC) dalam catatan penelitian yang diterbitkan pada Rabu (30/12).

CDC Tiongkok menyatakan pasien tersebut dirawat di rumah sakit pada saat kedatangan karena dia menunjukkan gejala ringan. Pakar kesehatan melakukan pengurutan genetik dari sampel tesnya pada 24 Desember “karena riwayat perjalanan dari Inggris dan kelainan dalam hasil tes asam nukleat”.

Pasien ditemukan memiliki jenis yang berbeda dengan yang ditemukan di Shanghai atau Wuhan sebelumnya, dan pengujian lebih lanjut mengonfirmasi bahwa itu adalah varian yang dikenal sebagai B117 yang telah menyebar di Inggris sejak Oktober.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan varian baru itu “mungkin hingga 70% lebih mudah menular daripada versi asli penyakit itu”.

Tetapi sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa infeksi dengan varian baru lebih mungkin menyebabkan kasus Covid-19 yang parah atau meningkatkan risiko kematian.

728×90 Leaderbord